Pengalaman Beli Motor Pertama Kali (Nyicil)

Hari pertama

Selamat pagi, sob. Lama tak jumpa lagi
hhe.  Maklum lah orang yang sok sibuk seperti saya haha.

Pembahasan sekarang saya berencana membagikan pengalaman saya beli motor pabrikan Jepang. Yang mana ya? Perasaan pabrikan Jepang kan banyak, ada honda, yamaha, suzuki dll. Nanti juga bakalan tahu kok sob hhe. Saat ini saya ingin membeli dengan cara cicilan, kalau cash ya tidak terbeli lagian masih banyak keperluan lainnya yang masih menunggu hhe.

Kemarin, saya ajak keponakan ke dealer kepak sayap di Cipacing, Rancaekek Bandung. Jadi belum kelar nih ceritanya masih dalam tahap proses. Lanjut, tiba di dealer saya bertemu dengan mbak Yunita sebagai sales nya, arahan dari kakak ipar yang sudah berlangganan cicilan motor di sini.

"Assalamu alaikum, ada mbak Yunita di sini? " bertanya ke mbak yang sebelah kursi Yunita.
" Wa Alaikum salam, mbak Yunitanya sedang shalat". Jawab mbak sebelah kursi mbak Yunita.
Oke saya tunggu saja sampai dia sudah selesai sholatnya.  Beberapa menit kemudian, datanglah orang yang dicari saya ini.
"ini mbak Yunita? " tebak saya sotoy haha.
" benar pak, saya orangnya, ini anunya bla...  bla... " jawabnya.
Daya motor, bojongloa Rancaekek

Setelah bertanya-tanya, saya diberi kertas harga cicilan motor. Saya saat itu masih bingung pilih cub/bebek atau matic. Karena si mbak melihat saya kebingungan jadi si mbak mengajak saya ke bawah/basement tempat motor-motor berada.

Saya semakin bingung saja, karena waktu di bawah banyak sekali motornya. Saya berniat beli matic saja yang banyak pilihan. Eh ternyata saya melihat supra. Saya langsung terpesona dengan  motor bebek supra x 125 FI CW.

"mbak kok di daftar harga, motor ini tidak ada di list? " tanya saya.
" mohon maaf, memang di list ini belum dimasukkan harga motor ini, tapi ini motor baru kok 2018 dan memang dijual juga" jawabnya sambil menjelaskan.
Owalahh, pilih yang mana.. 

Oke saya pilih saja motor yang katanya raja motor bebek ini. Alasan saya memilih motor bebek itu karena tempat saya bekerja jalanannya ancur sekali, sayang bila jalanan ancur ini dilewati matic. Maka dari itu saya pilih motor bebek saja yang cocok melewati medan kota atau pun medan pedesaan. Bebek gitu lho hhe. Tapi secara style saya suka matic. Pokoknya alasan utamanya yang tadi sudah dijelaskan yaitu bebek cocok di jalanan yang ancur. Itu menurut saya okeh!

Kembali ke atas dan si mbak meminta persyaratan pengajuan cicilan dan mengobrol tentang bahasan cicilan ini. Persyaratan yang dia minta yaitu KTP, dan dokumen suami istri. Owalah, saya tidak punya dokumen tersebut. Saya hanya menyediakan foto copy KK (kartu keluarga), fc KTP, dan tambahan saja inisiatif saya saya serahkan slip gaji 1 bulan kemarin, kemana yang baru? yang baru belum diberikan oleh boss saya hhe.
Siap-siap puasa haha

Tahap ini selesai, saya sore ini akan disurvey oleh orang dealer tersebut. Oke saya mengiyakan hari ini. Eh ternyata dan ternyata. Surveyornya tidak datang datang juga.  Alamak,  saya WA si mbak bahwa surveyornya belum ada. Kalau ada saya ajak makan buka puasa bersama deh haha. Supaya ajuan saya langsung diterima #canda kok sob hhe.

Saat ini saya sedang menunggu surveyor datang ke rumah, sebagai syarat pengajuan cicilan saya diterima. Doakan ya biar saya diterima haha.

Oh iya saya belum bahas cicilan motor yang saya ajukan. Saya berencana menyicil 3 tahun atau sekitar 35 bulan atau 35 pembayaran. Kemudian saya iseng aja itung-itung cicilan saya.

Jadi dengan DP 3,6jt kena cicilan perbulan Rp.  701.000. DP 600rb dapat bonus dari leasing. DP asli dari saya 3jt saja.

Kita itung-itung ya,  berapa total biaya yang akan dikeluarkan dalam 3 tahun pembayaran cicilan tersebut.  Jreng... Jreng...

Harga OTR Rp. 18.100.000.
DP Rp. 3.000.000 +600.000=3,6jt
Cicilan Rp. 701.000 x 35 bln= Rp. 24.535.000
Cicilan + DP = Rp 27.500.000
*jadi saya mengeluarkan 27,5jt selama 3 tahun nyicil.

Kemudian berapa total rupiah yang didapat oleh leasing tersebut!

Cicilan-Harga motor cash:
27.500.000-18.100.000= Rp 9.400.000.
*selama 3 tahun leasing dapat 9,4jt.
Kalau beli cash bisa hemat 9,4jt lho, tapi apalah daya hhe



Bersambung....... 

Lanjutannya di sini : Petugas Survey datang

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Beli Motor Pertama Kali (Nyicil) "

Posting Komentar