Kena Gejala Tipes


Pengalaman kena demam gejala ini (Demam Tifoid) baru kali ini saya merasakan demam yang memang benar-benar parah. Demam biasa sudah biasa dan ini luar biasa.
Kejadian demam ini saat hari Khamis shubuh. Saya hendak ke musholla, tetapi badan terasa tidak enak begini, tumben-tumbenan ini badan gak bisa diajak ke Musholla. Saya tidak paksakan deh kalo begini, sampai pagi saya meringkuk di kasur. Bangun pagi, seperti biasa mandi pagi dan siap berangkat kerja. Di tempat kerja ini, badan mulai keringat dingin, panas dingin, kepala nyut-nyutan disertai suhu yang tinggi. Udah tidak beres deh kerja di kantor ini. Sebelum shalat Jum’at saya pamit pulang duluan.

Sampai di kamar, pakaian jas dan baju yang masih menempel di badan yang belum sempat saya copot saya pakai untuk badan yang masih menggigil dari ujung kaki sampai ujung kepala. Demam sekujur badan, disertai rasa pusing dan panas di kepala membuat saya tidak bisa kemana-mana. Hidup sendiri di kost-an benar-benar menyiksa dan tersiksa. Bangun dari tidur, nyari minum, kepala terasa masih pusing dan mata memandang sekitar seluruh yang saya lihat semua warna hijau, kok bisa hijau semua, parno ini. Nyari makan sendiri, minum sendiri, lidah tidak ada rasa, makan yang biasa enak jadi pahit, astaga!. Badan menggigil selama 3 hari dari Jum’at ketemu hari Senin. Keringat dingin tiap malam bikin kulit muka juga kena hewan tomcat sialan. Kulit melepuh, untungnya Cuma kena leher dan sedikit kena di muka. Nasib benar ini yang sakit.

Hari Selasa, malam saya langsung ke rumah sakit terdekat saja. Saya jelaskan ke petugas kesehatan  saya meriang, panas dingin, lidah pahit, kepala pusing, demam panas dll. Saya menginap di rumah sakit walalupun petugas tidak merekomendasikan. Karena badan lemas ya mau gimana lagi, mending nginap dulu aja sehari sekalian minta surat keterangan dokter yang bisa mengizinkan saya boleh bisa tidak bekerja karena sakit.

Saya diberi obat 3 macam, masing-masing diminum setelah makan 3 kali sehari. Siap saya pasti akan habiskan ini obat biar saya cepat sembuh bisa makan-makanan yang enak lagi. Esoknya saya pamit pulang ke kost-an dan saya tidak lupa belanja untuk kebutuhan sendiri di kamar dengan badan yang lemas dan jalan pun kayak orang mabuk.

Setelah minum obat, perlahan-lahan lidah pahit agak terasa berkurang, panas dingin juga berkurang. Cuma makanan yang saya makan tidak ada yang lunak. Tidak apa-apa paling saya harus mengunyah sampai halus. Kata orang, yang sakit tipes itu makanannya harus yang halus kayak bubur, ini tidak berlaku bagi saya, saya harus survive dengan keadaan ini. Ingat rumah bila sedang sakit begini, ada yang mengurus setidaknya. Saya jadi kangen emak di rumah pokoknya. huhu

Hari berlalu, hari Jumat ketemu kembali, saya paksakan masuk kerja Jumat itu, badan memang tidak kuat dan sedikit lemas-lemas tapi tidak diberi rasa pusing saja yang membuat saya ngotot pergi kerja. Memang efek yang baru sembuh dari gejala tipes ini memang lemas, lemah pokoknya. Gak bisa diajak berdiri lama, sedikit-dikit duduk tidak bisa bertahan berdiri lama.
Hari-hari kemudian saya tidak melewatkan makan malam. Saya ingat-ingat mengapa gejala tipes ini terjadi pada saya oh ternyata begini menurut yang saya ingat:

1. Kecapekan.

Setelah gowes bareng teman, badan capek tuh sudah menempuh seratus kilo kurang. Badan terasa kurang fit. Dan gejala tipes ini mudah sekali hinggap ke orang yang kurang fit.

2. Penyakit Maag

Ini dia penyebab saya kena gejala tipes juga, jarang makan malam, selama 3 hari berturut-turut membuat pencernaan terganggu. Sudah sering kena maag dan tidak makan pula malamnya, ya sudah pukulan telak bagi saya.

3. Tidak Cuci tangan

Kalo ini memang penyakit yang mengakibatkan perut atau pencernaan terganggu akibat tidak cuci tangan, kuman yang masuk ke pencernaan di sini adalah Salmonella Thypi kalo tidak salah. Memang sih yang kurang fit, misal tidak cuci tangan sebelum makan mudah sekali kena kuman yang satu ini. Kuman ini hinggap di pencernaan di feces di tangan dll yang bisa menyebabkan sakit tipus. Pokoknya kita kudu cuci tangan deh kalo ingin terhindar dari sakit pencernaan seperti gejala tipes ini. 

4. Bersegera periksa ke Dokter.

Penanganan yang saya alami adalah bertahan dulu sampai saya bakal sembuh sendiri. Ternyata saya salah, saya sakit terus berlanjut sampai lebih 3 hari. Sebaiknya bila dirasa sakit seperti ini lebih baik langsung periksakan ke dokter atau sejenisnya agar segera ditangani dengan tepat. Biaya belakangan yang penting sehat bisa bekerja kembali dan bisa menghasilkan uang kembali jika sehat mah oke. Gara-gara tidak ditangani sakit saya jadi 7 hari, mungkin beda cerita bila saya langsung ditangani. masa penyembuhan selama 7 hari juga. Total saya menghabiskan waktu penyembuhan sebanyak 14 hari.

Ini merupakan pelajaran buat saya sendiri di masa mendatang, saya jadi tahu seperti apa penyakit gejala tipes. Pokoknya saya tidak mau lagi kena gejala tipes ini. Rasanya benar-benar menderita. Apalagi jauh dari orangtua, mending sih kalau sudah menikah sudah ada yang mengurus hehe. Ini belum nikah dan jauh dari rumah pula. Bersyukur yang masih ada orang tua, makanya hargai keberadaan mereka, selalu tengok ya yang jarang-jarang. Kapan lagi kita bisa bertemu mereka kalau cuma datang pas ada perlunya saja, ngaku?. Sebulan sekali tengok mereka pokoknya. Insyaallah bakal panjang umur orang tua kita dan diri kita juga amin.

Demikian pengalaman saya kena si salmonella thypi yang membuat saya sadar, saya harus bisa menjaga diri dan selalu bersilaturahim dengan orang tua. Semoga semua sobat dan kita diberi kesehatan yang paripurna amin ya rabbal alamin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kena Gejala Tipes"

Posting Komentar