Gowes Akhir Pekan Ke Rest Area Cijelag Tomo

Gowes kali ini, saya dan teman saya mencari jalan yang belum pernah ditapaki sebelumnya. Terpilihlah jalan Sukaslamet-Lajem atau Jalan Pejaten namanya bila di peta. 


Jalan Pejaten Sukaslamet

Karena jalan ke Lajem sepertinya sudah tidak bealaskan aspal atau beton yang kokoh alias kubangan air seperti kolam-kolam kecil. Kami alihkan jalan, belok ke kiri yaitu ke arah jalan Terisi - Cikamurang. Jalan di sini pun banyak kubangan air. Banyak para petani yang melewati jalur ini dengan motor yang tangguh bisa melewati jalanan tersebut. 

Jalan pintas Sukaslamet ke Cikamurang

Sampailah kami di jalur utama Terisi-Cikamurang. Kami dapati rumah-rumah yang tidak teraliri listrik. Memang di sini seperti di hutan jati dan kami tidak mendapati tiang listrik di sini. Jalanan lumayan mulus walau ada sedikit lubang-lubang di tengah jalannya.

Telah melewati jalan pintas Sukaslamet-Cikamurang
Jalur Terisi-Cikamurang

Sampailah kami di fly over jalan tol Cipali jalan Terisi-Cikamurang. Kami berhenti sejenak dengan berfoto-foto di sini sambil istirahat.

Flyover Terisi-Cikamurang

Melanjutkan kembali menuju jalan utama Subang-Cijelag. Di sekitar sini banyak rumah dibanding saat tadi di dalam perjalanan sebelumnya.

Menuju pertigaan Cikamurang Cijelag

Kami menelusuri jalan Cibuluh lalu Ujung jaya dan tiba di Cijelag, tempat pertigaan antara yang hendaknke Cirebon-Bandung atau Subang. 

Menuju pertigaan Cijelag 

Di Cijelag ini tidak ada sesuatu untuk istirahat. Maka kami lajutkan ke arah Rest Area Tomo yang berdampingan dengan sungai Cimanuk. Kami melaju ke arah Bandung kami tempuh ke arah rest area sekitar +-3km. Sampai di rest area kami langsung masuk ke dalam dan istirahat di gazebo atau saung-saung yang dekat dengan sungai cimanuk.

Kami pesan kelapa muda seharga 10rb lalu lotek campur lontong 9rb. Kami sebetulnya ingin nasi tapi di sini hampir di setiap stan hanya menyediakan makanan lotek dan es kelapa muda saja. Kami makan sepiring kecil lotek seharga 9rb yang tidak banyak. Bila kami beli di kampung kami sendiri harga 10rb bisa mengenyangkan, ya sudahlah di sini kan memang untuk rest area saja. Tempat ini saat kami kemari sepi sangat. Hari-hari ramai di sini yaitu hari Ahad, musim mudik, idain dan hari libur lainnya. 


Seruput dulu di rest area Tomo, Sungai Cimanuk

Jam 14.30 kami siap-siap untuk kembali pulang menuju tempat kami di Gantar. Kami pilih jalan tidak lewat Sukaslamet lagi, kami pilih jalur Lajem, lurus sampai Bantarhuni lalu Gantar.

Kami berfoto di jalan Tomo dengan latar kebun tebu yang sudah meninggi. Sebelumnya saat kami gowes ke Ujungjaya di tempat ini tebunya masih belum di tanam. Jadi saat ini kami pangling saja dengan tempat ini.

Jalur UjungJaya-Cibuluh
Kami menempuh total dari Gantar-Rest Area Tomo dengan jarak 92 KM dari speedometer kami. Sobat yang ingin gowes seperti kami silahkan dicoba, agar bisa merasakan sensasi bergowes di jalur yang dilewati bus Widia atau Bintang Sanepa atau Berkah Jaya kalau tidak salah. Salam gowes ya sobat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »