Mengenal Merek Gear Outdoor Lokal Asli Indonesia


Apakah Sobat-sobat mengenal merek-merek outdoor asli anak negeri? Nah, kalau sobat tidak tahu yuk! Simak nama-nama mereknya. Siapa tahu Sobat pernah memakainya (gak nyadar) dan bila sobat suka belanja merek tersebut berarti sesungguhnya sobat termasuk orang-orang yang cinta produk outdoor buatan Indonesia. Let's check it out!

1. Eiger (1993)
Merk Eiger ini dibuat oleh Ronny Lukito seorang lulusan STM di Bandung. Doi atau beliau mulai produksi Eiger tahun 1993 sampai sekarang.
Eiger memproduksi tas/keril, tenda, jaket, pakaian outdoor, dan masih banyak peralatan lainnya (sudah komplit pokoknya) juga mempunyai cabang di kota-kota besar Indonesia lho. Merek ini adalah merek lokal terkenal nomer satu di Indonesia saat ini.

2. Consina (1998)
Consina dibuat oleh Dyson sang mahasiswa Trisakti yang juga pecinta outdoor. Consina memproduksi barangnya di Bekasi. Berdiri pada tanggal 13 April 1998.

Saat ini Consina sudah membuka cabang di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan kota lainnya. Consina memproduksi keril, tenda, pakaian outdoor, jaket, jam tangan, sepatu dan peralatan outdoor lainnya (sudah komplit juga). 

Memang saat ini merek yang satu ini sudah berkembang pesat. Merek ini sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta outdoor

3. Cozmeed (2008)
Merk Cozmeed sebelumnya bernama Cartenz. Berdiri pada tahun 2008 di Surakarta, Solo. Nama tokonya yaitu Cartenz Adventure Store bukan Cozmeed ya Sob (Cozmeed nama mereknya).

Toko utama berada di Solo dan cabangnya ada di Jakarta, Tangerang, Depok. Bekasi, Purwokerto, Jogja, Semarang, Solo, Surabaya, Jember, Sidoarjo dan Malang.

Doi Memproduksi tas keril, jaket outdoor, pakaian outdoor dll. Cozmeed belum memproduksi alat outdoor lainnya seperti sepatu atau pun tenda. Yang menjadi ciri khas merek ini yaitu tasnya yang berdesain mencolok tapi elegan.

Saat ini Cozmeed sedang suka memberikan promosi-promosi yang seru-seru. Bila beruntung memenangi kuis dari merek ini biasanya dapat hadiah berupa tas daypack yang cantik lho. Semoga selalu konsisten dengan kuisnya hehe.

4. Avtech (1996)

Avtech sebelumnya bernama Gelarwangi. Avtech kepanjangannya Adventure technology berdomisili di Jakarta dan didirikan pada tahun 1996. Saat ini tokonya masih di Jakarta Sob. Semoga nanti bisa buka cabang di kota-kota lainnya tapi tenang yang di luar Jakarta bisa beli via online.

Avtech memproduksi Tas keril, jaket outdoor dll. Doi belum memproduksi sepatu atau pun tenda, saat ini masih fokus dalam per-keril-an yang harganya lumayan terjangkau.

5. MM (2012)
MM yaitu singkatan dari Merapi Mountain. Berdiri pada tanggal 10 Desember 2012 oleh Hendri Agustin dan Tejasari, bertempat di Cipayung, Jakarta.

Merek MM ini mengutamakan produknya dalam pembuatan tenda atau shelter. Kualitas tendanya tidak diragukan Sob karena kan merek ini memfokuskan pada tenda. Produk pertamanya yaitu tenda Halfmoon 2 dengan konsep harga terjangkau dengan kualitas sama dengan merek tenda ternama baik lokal maupun mancanegara. Selain tenda Half Moon, tenda favorit pendaki saat ini yaitu Milky way yang termurah dari jajaran tenda mereka. 

MM pun selain produksi tenda juga memproduksi tas daypack, alat makan, tempat minum dll. Tapi ingat MM lebih prioritas membuat tenda ya sob untuk saat ini, entah nantinya apakah akan memproritaskan peralatan selain tenda, lihat saja nanti. 

6. Jayagiri (1978)
Ini dia pioneer per-outdoor-an di Indonesia, berdiri sejak tahun 1978 oleh Bang Dody. Saat masa jaya dulu pernah mengekspor produksinya ke negeri tetangga seperti Malaysia.

Merek outdoor yang berasal dari Bandung ini memproduksi tas keril, daypack, sepatu, jaket gunung, tenda dll. Apakah saat ini merek ini sudah tidak ada? Masih Sob, bila ingin mengenang masa kejayaannya dulu Sobat tinggal mampir aja ke kota Bandung.

Saat ini jayagiri berusaha bangkit kembali. Mudah-mudahan bisa sukses kembali yak,  semoga bisa buka cabang di kota-kota lainnya.

7. Alpina (1985)



Mengingat tahun 90an, Alpina dengan produk andalan berupa keril, tas daypack dan pakaian outdoor yang tidak asing bagi kita. Saat ini ke mana ya merek yang satu ini? Tenang sob merk Alpina ini masih ada tokonya kok di Dago, Bandung. Konon tahun 90an merek ini se-jaman dengan merk Jayagiri ataupun Eiger.

Toko yang berdomisili di Dago ini memproduksi tas daypack (paling banyak), keril, jaket gunung, celana cargo, pakaian outdoors dll. Bila ingin mengenang tas tahun 90an yang familiar silahkan melancong ke Bandung ya Sob

8. Claw
Claw merupakan merk outdoor lokal berasal dari Demak, Semarang. Claw masih pemain muda tapi masih bisa berkembang. Merek ini memproduksi jaket gunung, keril, topi, kupluk,  sandal, pakaian outdoor dll (sudah lengkap kalo pakaian outdoor)

Lokasi di Jalan Jl. Rayung Kusuman Raya, Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59567 . 

9. Gravell
Logo Gravel
Gravell merupakan merek peralatan outdoor lokal berasal dari Jakarta dan merek tersebut dibikin oleh Tomi Sugianto yang memiliki hobi hiking.  Saat ini merek ini memproduksi tas daypack dan tas keril. Tas yang terkenal dan terfavorit dari gravell yaitu keril Sangkareang. Merek ini tersebar di toko-toko outdoor wilayah Jakarta dan kota-kota lainnya. 

10. Forester (2004)
Forester merupakan merek lokal asal Bandung di bawah naungan perusahaan Blessindo Cipta Mandiri yaitu sebuah perusahaan manufaktur tas dan alat outdoor yang didirikan pada tahun 2004. Mereka memproduksi tas/keril, setelah berkembang mereka mengembangkan lagi ke peralatan outdoor lainnya. Untuk detailnya toko outdoor ini berada di Cimahi, Bandung Barat,  Jawa Barat.

11. Zebra Wall (1999)

Zebra Wall merupakan merek gear outdoor asal Bandung, berdiri pada tahun 1999. Mereka memproduksi tas keril, jaket gunung dan pakaian outdoor. Keril yang terkenal dari merek ini yaitu keril Zebra Wall Rhinoceros. Mereka mempunyai 2 toko di Bandung yaitu di Dago, Bandung (dekat dengan toko merk Alpina) dan Padalarang, Kab. Bandung. Untuk menjaga kualitas dan persaingan, mereka menjual produknya dengan harga yang terjangkau. Situs penjualan ada di sini

11. Boogie
Merek Boogie adalah perusahaan perlengkapan outdoor berdiri dari tahun 1991. Mereka memproduksi barang untuk kebutuhan tim SAR seperti perahu karet,  helm dan dayung. Mereka bermarkas di Bogor dan mempunyai cabang toko di Jakarta, Cianjur, Depok dan Bogor sendiri.Situs ada di sini

12. Harrell
Harrel merek outdoor berasal dari Bandung. Mereka menjual barang berupa tas dan pakaian. Mereka menjual melalui website facebook dan merek barang dari Harrell sudah ada di toko-toko outdoor juga. Mudah-mudahan nanti punya toko dan bercabang-cabang ya amin.

13. Mahameru

Mahameru merek perlengkapan outdoor berasal dari Bandung. Mereka memproduksi tas, pakaian, sleeping bag dll. Kami mendapati merek ini di store Kawani pula. Mahameru mempunyai store di Cihampelas Bandung dan di Rawamangun Jakarta. Ayo maju terus semoga bercabang-cabang juga ya.

14. Dhaulagiri

Dhaulagiri Adventure Life nama panjangnya. Merek outdoor asal Jakarta, mempunyai toko utama di Jakarta tapi produknya ada di toko-toko outdoor terkemuka. Mereka memproduksi tenda, tas, perlengkapan makan, perlengkapan kemah dll. Maju terus yak!

15. Torch

Torch merek asal Depok yang memproduksi peralatan outdoor seperti pakaian, keril, perlengkapan kemah dll. Untuk lebih lengkapnya Sobat harus mencoba berselancar di situs Doi yang ada di www.torch.id biar lebih tahu okeh!

16. Klettern

Merek ini berasal dari Cijerah, Bandung. Mereka memproduksi tas/keril dan pakaian outdoor. Merek ini pernah ikut dalam even outdoor yang diselenggarakan oleh Indofest yang di dalamnya berjajar dengan sederet merek outdoor terkenal lainnya. Mudah mudahan konsisten yah. Situs ada di facebook

17. Trekking

Merek ini berasal dari Cibaduyut Bandung. Cibaduyut terkenal dengan apanya coba? Yup benar terkenal dengan alas kakinya. Brand ini terkenal berkat sepatunya tapi mereka pun merambah ke alat-alat outdoor selain sepatu lho seperti tas/keril, jaket dsb. Situs ada di sini

18. Gulf+

Merek ini berasal Bandung. Dengan logo "Technical Sportwear" cakep ya logonya. Brand ini menjual sama seperti brand outdoor lainnya yang membedakannya brand ini lebih cenderung ke olahraga dibanding ke kegiatan outdoor lainnya. Ingin lebih tahu lagi silahkan kunjungi situsnya di facebook

19. Co-Trek

Merek ini berasal dari Malang, Jawa Timur, tepuk tangan dulu lah (prok.. prok..) dari tadi brandnya dari Jakarta Bandung dan Jakarta Bandung terus ya (Jakarta Bandung emang top lah), sekarang kota Malang punya lho. Co-trek ini sepertinya sebuah store yang menjual berbagai macam alat outdoor, tapi mereka pun memproduksi barang outdoor pula, jadi di tokonya gak selamanya brand-brand diluar nama brand ini tapi ada buatan dari co-trek juga. Ingin lebih mengenal lagi silahkan lihat di facebook

20. Elleven

Elleven adalah perusahaan perlengkapan kegiatan outdoor asal Bandung Indonesia, dengan produk yang dihasilkan sangat beragam mulai dari tas, sandal, jaket, kaos, topi, dompet, sarung tangan, sleeping bag hingga tenda untuk kegiatan outdoor ringan. Dengan mengedepankan kualitas dan harga yang relatif terjangkau, produk Elleven mulai diterima masyarakat Indonesia. Terbukti dengan distribusi produk yang mulai menyebar dari Aceh hingga Papua. www.ellevenoutdoor.com

21. Redman

Redman adalah brand outdoor lokal yang dibuat oleh Donny Kurniawan yang berdomisili di Jakarta yang konon sudah bergelut dalam per-tas-an sejak tahun 1999.  Brand Redman memproduksi tas keril seperti keril Redman Walker 40L, Redman X-Over 60L, Redman Light 80L dan keril Redman X File 80L. Keril terfavorit yaitu keril X Over 60 liter dan masih banyak lainnya.  Cabang brand ini ada di Bandung,  Semarang dan Jogja sedang pusatnya berada di Jakarta.  Untuk mendapatkan keril ini bisa dicari di toko outdoor dan toko online karena sampai saat ini Admin belum menemukan situs resmi brand ini di internet.

21. SEVEN SUMMITS Freedom to move

Seven Summits selain nama tujuh gunung juga merupakan nama merek outdoor lokal yang barangnya sudah ada di toko-toko outdoor di kota-kota besar seperti di Jakarta, Jogja,  Malang dan di kota lainnya. Barang outdoor yang utama dari brand ini adalah tas/keril walaupun doi membuat selain tas/keril.

Untuk harga tas/keril ini lumayan terjangkau masih setara harganya dengan merek Redman atau pun Gravell. Pokoknya harga terjangkau di bawah merek-merek yang sudah tersohor. Untuk situsnya belum nampak di Facebook atau pun di medsos lainnya. Bila ingin mendapatkannya bisa mencari di toko outdoor dan online.

Demikian beberapa merek outdoor dari Indonesia. Nah, sesungguhnya masih banyak lagi yang belum bisa kami sebutkan seluruhnya. Semoga info di atas menjadikan acuan untuk sobat yang ingin mencoba merek-merek di atas yang asli Indonesia. Selamat belanja sobat-sobat. Salam lestari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

comments
Feb 2, 2017, 8:59:00 AM delete

boleh sekalian dimasukkan link web toko online boogie.co.id, skalian mas?
terima ksh sebelumnya.

Reply
avatar
Anonymous
Feb 2, 2017, 9:42:00 AM delete

Wani piro mas? hehe

Reply
avatar
Mar 30, 2017, 1:06:00 AM delete

Wah ada Alpina. Merk legendaris nih. Hehe..nice post gan!

Reply
avatar
Apr 24, 2017, 5:47:00 PM delete

ada info tentang tas carrier lokal merk Seven Summits gak ? website or medsosnya susah banget dicari

Reply
avatar
May 7, 2017, 11:23:00 AM delete

Agan Show time, kalo tidak ada di medsos/medsos mungkin masih dijual di toko outdoor lokal. Saya temukan merek 7summits ada di tokopedia "Rover Outdoor Jogja"

Reply
avatar
Jun 2, 2017, 11:50:00 PM delete

Kalau Arei itu gimana lika liku sejarahnya bos

Reply
avatar
Jun 3, 2017, 6:50:00 PM delete

Arei apa Rei. Blm review gan klo brand tersebut

Reply
avatar
Sep 18, 2017, 9:56:00 AM delete

Kalo Merk Drone gimana om sudah pernah review kah?

Reply
avatar
Sep 18, 2017, 7:39:00 PM delete

Belum gan. Kalau ada barangnya boleh dicoba nih merek tersebut

Reply
avatar