Mengenal Merek Gear Outdoor Lokal Asli Indonesia


Apakah Sobat-sobat mengenal merek-merek outdoor asli anak negeri? Nah, kalau sobat tidak tahu yuk! Simak nama-nama mereknya. Siapa tahu Sobat pernah memakainya (gak nyadar) dan bila sobat suka belanja merek tersebut berarti sesungguhnya sobat termasuk orang-orang yang cinta produk outdoor buatan Indonesia. Let's check it out!

Eiger (1993)

Merk Eiger ini dibuat oleh Ronny Lukito seorang lulusan STM di Bandung. Doi atau beliau mulai produksi Eiger tahun 1993 sampai sekarang.
Eiger memproduksi tas/keril, tenda, jaket, pakaian outdoor, dan masih banyak peralatan lainnya (sudah komplit pokoknya) juga mempunyai cabang di kota-kota besar Indonesia lho. Merek ini adalah merek lokal terkenal nomer satu di Indonesia saat ini. Doi memiliki situs sendiri untuk produknya dan di marketplace-marketplace terkenal.
Subcriber Youtube saat ini : 256 ribu ( Juni 2020)

Consina (1998)
Consina dibuat oleh Dyson sang mahasiswa Trisakti yang juga pecinta outdoor. Consina memproduksi barangnya di Bekasi. Berdiri pada tanggal 13 April 1998.

Saat ini Consina sudah membuka cabang di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan kota lainnya. Consina memproduksi keril, tenda, pakaian outdoor, jaket, jam tangan, sepatu dan peralatan outdoor lainnya (sudah komplit juga). 

Memang saat ini merek yang satu ini sudah berkembang pesat. Merek ini sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta outdoor.  Doi juga sudah punya situs penjualan sendiri dan di marketplace terkenal di indonesia.
Subcriber Youtube : 15,6 ribu ( Juni 2020)

Cozmeed (2008)
Merk Cozmeed sebelumnya bernama Cartenz. Berdiri pada tahun 2008 di Surakarta, Solo. Nama tokonya yaitu Cartenz Adventure Store bukan Cozmeed ya Sob (Cozmeed nama mereknya).

Toko utama berada di Solo dan cabangnya ada di Jakarta, Tangerang, Depok. Bekasi, Purwokerto, Jogja, Semarang, Solo, Surabaya, Jember, Sidoarjo dan Malang.

Doi Memproduksi tas keril, jaket outdoor, pakaian outdoor dll. Cozmeed belum memproduksi alat outdoor lainnya seperti sepatu atau pun tenda. Yang menjadi ciri khas merek ini yaitu tasnya yang berdesain mencolok tapi elegan.

Saat ini Cozmeed sedang suka memberikan promosi-promosi yang seru-seru. Bila beruntung memenangi kuis dari merek ini biasanya dapat hadiah berupa tas daypack yang cantik lho. Semoga selalu konsisten dengan kuisnya hehe. Merek ini sudah tersedia situsnya di internet dan marketplace di Indonesia. Subcriber Youtube : 1,3 ribu (Juni 2020)

Avtech (1996)

Avtech sebelumnya bernama Gelarwangi. Avtech kepanjangannya Adventure technology berdomisili di Jakarta dan didirikan pada tahun 1996. Saat ini tokonya masih di Jakarta Sob. Semoga nanti bisa buka cabang di kota-kota lainnya tapi tenang yang di luar Jakarta bisa beli via online.

Avtech memproduksi Tas keril, jaket outdoor dll. Doi belum memproduksi sepatu atau pun tenda, saat ini masih fokus dalam per-keril-an yang harganya lumayan terjangkau. Untuk barang-barang outdoornya bisa dapat di situsnya yang mudah dicari dan marketplace
Subcriber youtube : 5,67 ratus ( Juni 2020)

MM (2012)
MM yaitu singkatan dari Merapi Mountain. Berdiri pada tanggal 10 Desember 2012 oleh Hendri Agustin dan Tejasari, bertempat di Cipayung, Jakarta.

Merek MM ini mengutamakan produknya dalam pembuatan tenda atau shelter. Kualitas tendanya tidak diragukan Sob karena kan merek ini memfokuskan pada tenda. Produk pertamanya yaitu tenda Halfmoon 2 dengan konsep harga terjangkau dengan kualitas sama dengan merek tenda ternama baik lokal maupun mancanegara. Selain tenda Half Moon, tenda favorit pendaki saat ini yaitu Milky way yang termurah dari jajaran tenda mereka. 

MM pun selain produksi tenda juga memproduksi tas daypack, alat makan, tempat minum dll. Tapi ingat MM lebih prioritas membuat tenda ya sob untuk saat ini, entah nantinya apakah akan memproritaskan peralatan selain tenda, lihat saja nanti.
Subcriber youtube : 3,35ribu ( Juni 2020)

Jayagiri (1978)
Ini dia pioneer per-outdoor-an di Indonesia, berdiri sejak tahun 1978 oleh Bang Dody. Saat masa jaya dulu pernah mengekspor produksinya ke negeri tetangga seperti Malaysia.

Merek outdoor yang berasal dari Bandung ini memproduksi tas keril, daypack, sepatu, jaket gunung, tenda dll. Apakah saat ini merek ini sudah tidak ada? Masih Sob, bila ingin mengenang masa kejayaannya dulu Sobat tinggal mampir aja ke kota Bandung.

Saat ini jayagiri berusaha bangkit kembali. Mudah-mudahan bisa sukses kembali yak,  semoga bisa buka cabang di kota-kota lainnya. Situs penjualan sudah tersedia di internet.

Alpina (1985)



Mengingat tahun 90an, Alpina dengan produk andalan berupa keril, tas daypack dan pakaian outdoor yang tidak asing bagi kita. Saat ini ke mana ya merek yang satu ini? Tenang sob merk Alpina ini masih ada tokonya kok di Dago, Bandung. Konon tahun 90an merek ini se-jaman dengan merk Jayagiri ataupun Eiger.

Toko yang berdomisili di Dago ini memproduksi tas daypack (paling banyak), keril, jaket gunung, celana cargo, pakaian outdoors dll. Bila ingin mengenang tas tahun 90an yang familiar silahkan melancong ke Bandung ya Sob. 

Claw
Claw merupakan merk outdoor lokal berasal dari Demak, Semarang. Claw masih pemain muda tapi masih bisa berkembang. Merek ini memproduksi jaket gunung, keril, topi, kupluk,  sandal, pakaian outdoor dll (sudah lengkap kalo pakaian outdoor)

Lokasi di Jalan Jl. Rayung Kusuman Raya, Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59567 .

Arei (2005)
Arei Merupakan produk lokal yang dengan jumlah pengguna yang tidak sedikit. Brand ini berbeda dengan Rei Amerika ya. Rei Amerika belum ada cabang di Indonesia sampai saat ini.

Setiap kita naik gunung pasti kita menemukan brand ini ya Sob. Brand ini bersanding dengan brand lokal lainnya. Jadi warna-warni deh kalau melihat ke camp dengan tenda-tenda berbagai merek.

Andalan produk ini untuk kegiatan alam seperti tenda, jaket, dan yang banyak diminati ya tas kerilnya lho. Banyak berbagai nama-nama tas keril baik pada 45l maupun di atasnya. Tapi dan tendanya pun tidak kalah diminati para penggiat alam. Pokoknya mantap deh. Saat ini outlet-outlet outdoor ini sudah di berbagai kota-kota besar. Jadi, mudah untuk mencarinya. Untuk yang minat dengan barangnya bisa dilihat di situs resminya yang mudah dicari dan di marketplace Indonesia
Subcriber Youtube: 308 ribu ( Juni 2020)


Gravell
Logo Gravel
Gravell merupakan merek peralatan outdoor lokal berasal dari Jakarta dan merek tersebut dibikin oleh Tomi Sugianto yang memiliki hobi hiking.  Saat ini merek ini memproduksi tas daypack dan tas keril. Tas yang terkenal dan terfavorit dari gravell yaitu keril Sangkareang. Merek ini tersebar di toko-toko outdoor wilayah Jakarta dan kota-kota lainnya. Untuk situs belum ada sampai saat ini.

Forester (2004)

Forester merupakan merek lokal asal Bandung di bawah naungan perusahaan Blessindo Cipta Mandiri yaitu sebuah perusahaan manufaktur tas dan alat outdoor yang didirikan pada tahun 2004. Mereka memproduksi tas/keril, setelah berkembang mereka mengembangkan lagi ke peralatan outdoor lainnya. Untuk detailnya toko outdoor ini berada di Cimahi, Bandung Barat,  Jawa Barat. Situs bisa dilihat di internet.

Zebra Wall (1999)

Zebra Wall merupakan merek gear outdoor asal Bandung, berdiri pada tahun 1999. Mereka memproduksi tas keril, jaket gunung dan pakaian outdoor. Keril yang terkenal dari merek ini yaitu keril Zebra Wall Rhinoceros. Mereka mempunyai 2 toko di Bandung yaitu di Dago, Bandung (dekat dengan toko merk Alpina) dan Padalarang, Kab. Bandung. Untuk menjaga kualitas dan persaingan, mereka menjual produknya dengan harga yang terjangkau. Situs penjualan saat ini sudah tidak ada.

Boogie
Merek Boogie adalah perusahaan perlengkapan outdoor berdiri dari tahun 1991. Mereka memproduksi barang untuk kebutuhan tim SAR seperti perahu karet,  helm dan dayung. Mereka bermarkas di Bogor dan mempunyai cabang toko di Jakarta, Cianjur, Depok dan Bogor sendiri. Situs ada di internet.

Harrell

Harrel merek outdoor berasal dari Bandung. Mereka menjual barang berupa tas dan pakaian. Mereka menjual melalui website facebook dan merek barang dari Harrell sudah ada di toko-toko outdoor juga. Mudah-mudahan nanti punya toko dan bercabang-cabang ya amin. Untuk situs belum tersedia.

Mahameru

Mahameru merek perlengkapan outdoor berasal dari Bandung. Mereka memproduksi tas, pakaian, sleeping bag dll. Kami mendapati merek ini di store Kawani pula. Mahameru mempunyai store di Cihampelas Bandung dan di Rawamangun Jakarta. Ayo maju terus semoga bercabang-cabang juga ya. Untuk situs belum tersedia.

Dhaulagiri



Dhaulagiri Adventure Life nama panjangnya. Merek outdoor ini berasal Jakarta. Ia mempunyai toko utama di Jakarta tapi produknya ada di toko-toko outdoor terkemuka. Mereka memproduksi tenda, tas, perlengkapan makan, perlengkapan kemah dll. Peralatan pendakian yang wajib seperti tenda, keril, jaket, peralatan dan alat-alat masak sudah punya merk sendiri. Berarti sudah lengkap ya tanpa membeli alat dengan merek lain jika mau mendaki hhe. Untuk harga ya lumayan tapi lebih murah kok dari merk pemuncak, tenang saja. untuk situs sudah ada di internet atau di marketplace.
Subcriber Youtube : 7,99 ratus ( Juni 2020)

Torch

Torch merek asal Depok yang memproduksi peralatan outdoor seperti pakaian, keril, perlengkapan kemah dll. Untuk harga setara dengan merek-merek yang teratas tetapi kualitas pun sesuai harganya. Untuk lebih lengkapnya Sobat harus mencoba berselancar di situs Doi yang ada di internet biar lebih tahu okeh!

Klettern/Yamitala

Merek ini berasal dari Cijerah, Bandung. Mereka memproduksi tas/keril dan pakaian outdoor. Merek ini pernah ikut dalam even outdoor yang diselenggarakan oleh Indofest yang di dalamnya berjajar dengan sederet merek outdoor terkenal lainnya. Mudah mudahan konsisten yah. Situs resmi belum tersedia.

Update: Saat ini Klettern berubah nama menjadi Yamitala

Trekking

Merek ini berasal dari Cibaduyut Bandung. Cibaduyut terkenal dengan apanya coba? Yup benar terkenal dengan alas kakinya. Brand ini terkenal berkat sepatunya tapi mereka pun merambah ke alat-alat outdoor selain sepatu lho seperti tas/keril, jaket dsb. Situs resmi belum tersedia. untuk di market place sudah tersedia.

Co-Trek (2011)

Co-trek Adventure nama panjangnya. Merk ini sudah familiar di gunung-gunung Indonesia. Bisa setara atau bersanding dengan Arei untuk ukuran harga. Merk ini memproduksi keril, tenda dan peralatan daki gunung lainnya. Kemarin-kemarin co-trek ini entah dari mana asalnya. Ternyata saat lihat di situs co trek ini didirikan di tahun 2011. Pembuatannya berlokasi di Bandung Indonesia. Untuk merk ini sudah lengkap sepaket untuk mendaki gunung karena tenda, keril dan jaket sudah diproduksi oleh merek ini. Untuk pembelian bisa melihat situs resminya di internet atau marketplace tersedia.

Elleven

Elleven adalah perusahaan perlengkapan kegiatan outdoor asal Bandung Indonesia, dengan produk yang dihasilkan sangat beragam mulai dari tas, sandal, jaket, kaos, topi, dompet, sarung tangan, sleeping bag hingga tenda untuk kegiatan outdoor ringan. Dengan mengedepankan kualitas dan harga yang relatif terjangkau, produk Elleven mulai diterima masyarakat Indonesia. Terbukti dengan distribusi produk yang mulai menyebar dari Aceh hingga Papua. Bisa cek situsnya resminya di internet.

Redman

Redman adalah brand outdoor lokal yang dibuat oleh Donny Kurniawan yang berdomisili di Jakarta yang konon sudah bergelut dalam per-tas-an sejak tahun 1999.  Brand Redman memproduksi tas keril seperti keril Redman Walker 40L, Redman X-Over 60L, Redman Light 80L dan keril Redman X File 80L. Keril terfavorit yaitu keril X Over 60 liter dan masih banyak lainnya.  Cabang brand ini ada di Bandung,  Semarang dan Jogja sedang pusatnya berada di Jakarta.  Untuk mendapatkan keril ini bisa dicari di toko outdoor dan toko online karena sampai saat ini Admin belum menemukan situs resmi brand ini di internet.

SEVEN SUMMITS

Seven Summits selain nama tujuh gunung juga merupakan nama merek outdoor lokal yang barangnya sudah ada di toko-toko outdoor di kota-kota besar seperti di Jakarta, Jogja,  Malang dan di kota lainnya. Barang outdoor yang utama dari brand ini adalah tas/keril walaupun doi membuat selain tas/keril tapi yang mudah diingat karena tas kerilnya.

Untuk harga tas/keril ini lumayan terjangkau masih setara harganya dengan merek Redman atau pun saudaranya Gravell. Pokoknya harga terjangkau di bawah merek-merek yang sudah tersohor. Untuk situsnya belum nampak di Facebook atau pun di medsos lainnya. Bila ingin mendapatkannya bisa mencari di toko outdoor dan online.

Outdoor gear lokal memproduksi komponen utama pada setiap merek berbeda-beda. Berikut produksi dari tiap gear outdoor lokal

Tenda: Eiger, Merapi Mountain, Consina, Arei, Dhaulagiri, Co trek, Jayagiri.

Tas: Eiger, Consina, Avtech, Arei, Cotrek, Dhaulagiri, Torch, Jayagiri, Boogie, Forrester, Zebrawall, gravel, Claw, Cozmeed, Elleven, Trekking, Yamitala, Harvel, Mahameru, Redman, Sevensummits, Merapi Mountain.

Sepatu: Eiger, Consina, Arei, Cotrek, Jayagiri, trekking, Avtech.

Jaket: Cozmeed, Eiger, Avtech, Arei, Dhaulagiri, Torch, Jayagiri, Cotrek, Elleven, Claw, Zebrawall, Klettern/Yamitala, Redman.

Nesting: Eiger, Consina, Dhaulagiri.

Demikian beberapa merek outdoor dari Indonesia. Nah, sesungguhnya masih banyak lagi yang belum bisa kami sebutkan seluruhnya. Semoga info di atas menjadikan acuan untuk sobat yang ingin mencoba merk-merk di atas yang asli Indonesia. Selamat belanja sobat-sobat.


Salam lestari. 

Postingan terkait:

38 Tanggapan untuk "Mengenal Merek Gear Outdoor Lokal Asli Indonesia"

  1. boleh sekalian dimasukkan link web toko online boogie.co.id, skalian mas?
    terima ksh sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Wah ada Alpina. Merk legendaris nih. Hehe..nice post gan!

    BalasHapus
  3. ada info tentang tas carrier lokal merk Seven Summits gak ? website or medsosnya susah banget dicari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Show time, kalo tidak ada di medsos/medsos mungkin masih dijual di toko outdoor lokal. Saya temukan merek 7summits ada di tokopedia "Rover Outdoor Jogja"

      Hapus
  4. Kalau Arei itu gimana lika liku sejarahnya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arei apa Rei. Blm review gan klo brand tersebut

      Hapus
    2. Arei, kalo Rei merek luar, cuma orang2 terlanjur nyebut Arei sebagai Rei, tapi bukan rei rei rei reinaldi

      Hapus
    3. Kayaknya sih Dulu nya arei bikin tas tembakan dr rei amerika...lalu krn hak cipta maka lambat laun mengganti logo tebing di dpn tulisan rei jd seakan2 kebaca seperti arei...dulu saya punya produk tas kecil logo depanya bordir arei tp kepala zipper nya rei amerika

      Hapus
  5. Kalo Merk Drone gimana om sudah pernah review kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum gan. Kalau ada barangnya boleh dicoba nih merek tersebut

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke gan trims sudah berkunjung 😀

      Hapus
  7. Nice article bro, seven summits ini paling susah dicari ya info dimana produsennya sama siapa pioneernya, meskipun buat produknya udah ada di tiap2 toko online maupun offline, mungkin ada info terbaru ngga nih tentang seven summits??

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Cyl3pR

    BalasHapus
  9. Tambah lagi min.. Helligen merk outdoor terbaru dr bandung

    BalasHapus
  10. boleh dong gan liat produknya :)

    BalasHapus
  11. Kami menjual product-product Rei Original, bisa cek di Web Resmi kami https://outdoorgearstore.id/.
    Terima kasih

    BalasHapus
  12. Wah Bandung banyak juga yaa

    BalasHapus
  13. Co-trek sebenarnya dari jogja berdiri di thn 1997....dulu setiap tas co - trek ada kode nmr 97238....
    Di tahun 2010 co- trek pindah tangan dan jadilah cotrek yg skrg

    BalasHapus
  14. Klettern udah ganti nama gan, jadi yamitala

    BalasHapus
  15. Gan kalo merk irco gimana tuh gan ?

    BalasHapus
  16. Ijin min mau numpang promosi. Barangkali ada yg mau produksi dompet adventure silahka di klik https://wa.me/message/URF6Q6H7MBNXN1

    BalasHapus
  17. kalo kalibre itu produk lokal atau luar?

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Banyak dijual d Bandung ya

      Hapus
    2. Pabrik tas Kalibre ada di bandung...berdiri thn 2013...produknya jg bagus2..

      Hapus
  19. Kalau great outdoor atau mountain inn sport produk mana?

    BalasHapus