Pengalaman Beli Motor Pertama Kali (Nyicil) Part III

3 hari kemudian... 

Dealer Mengantar Motor Ke Rumah

Setelah selesai disurvey, beberapa hari kemudian saya diwhatsapp oleh sales bahwa ajuan telah diterima, ini kabar baik bagi saya. Kemudian saya juga ditelfon oleh pihak dealer. Pihak cs menelpon mimin untuk konfirmasi motor yang hendak dikirim. Cs memastikan dari merek, jenis motor, lama cicilan dll.
Sedang menulis serah terima barang

Bukan hanya itu saja mimin ditelpon lho.  Mimin ditelpon oleh bagian pengangkut motor yang telah tiba di rumah. Kondisi motor sudah terisi oli dan sedikit bahan bakar. Mimin menitipkan DP ke sopir pengangkut motor tersebut. Perlengkapan yang dibawa yaitu hanya helm dan toolkit saja. Waktu itu sales memang menjanjikan menyediakan helm, toolkit dan frame plat nomor. Saat ini belum ada frame nya mungkin sekalian dengan penyerahan plat nomor dan stnk.
DP alias uang muka dibayarkan saat penerimaan barang

Saya langsung disediakan kertas untuk ditandatangani sebagai bukti bahwa barang sudah diterima dan kertas tersebut nantinya akan menjadi kertas berharga untuk penukaran dengan stnk nanti, bila sudah jadi. Saat ini mimin menunggu nomor kontrak dulu nih, untuk bayar bulanan yang jatuh tempo sesuai dengan tanggal pengiriman barang. Untuk nomor kontrak, stnk dan plat masih menunggu kabar dari sales bersangkutan.

Demikian proses pengalaman membeli motor secara kredit semoga sobat mempunyai gambaran bila nanti berniat mengikuti jejak mimin hhe. Wassalam

*untuk info selanjutnya seperti dapat no.  Kontrak, stnk dll akan diupdate di sini.

Pengalaman pertama beli motor nyicil part I

Menerima Nomor Kontrak dari FIF

Sabtu, 23 Juni 2018

Apa ada yang tahu nomor kontrak? Yup nomor kontrak adalah nomor unik untuk para pecicil bukan pecicilan yak hhe. Nomor kontrak dikeluarkan oleh FIF yg bertugas dalam mengurus cicilan kita. Nah, untuk pembayaran cicilan di awal dan di akhir wajib ke kantor FIF yang ditunjuk. Karena mimin baru pembayaran pertama maka mimin wajib datang ke kantor FIF bila pembayaran kedua ketiga dan seterusnya kecuali pembayaran akhir maka pembayaran boleh melalui transfer, melalui alfa atau indo atau kantor pos. Mimin memilih melalui transfer bank saja agar lebih mudah.

Setelah mendapat sms dari FIF Grup, hari itu juga mimin langsung cabut ke kantor FIF Cicalengka. Beli cicilan di Rancaekek tapi kantornya di Cicalengka, Cicalengka berarti kecamatan yang dipercaya oleh FIF Grup.

Mimin masuk dan di dalam banyak orang yang sedang duduk-duduk. Tidak bertanya sesat di jalan, mimin bertanya saja ke customer lain bertanya tentang pembayaran. Mimin disuruh bertanya saja ke teller. Mimin bertanya ke teller, mengantri atau tidaknya ternyata tidak antri dan mimin di arahkan ke meja sebelah. CS duduk melayani mimin lalu bertanya-tanya untuk mencocokkan data mimin.
"nama kamu Prince ya" tanya CS
"kok tahu" dalam hati mimin
"anda memesan motor anu ya?" tanya CS
"Kok tau" dalam hati mimin.
"Ini bapak kartu berisi nomor kontrak, untuk pembayaran silahkan ke meja semula" arahan dari CS.
"Ya Mbak" jawab saya padahal saya berharap ada gombalan gitu bila ngomong kok tahu. Kidding ya hehe

Pokoknya di database cs lengkap dengan identitas kita yang sudah di data oleh pihak sales atau pun surveyor. Mimin tidak ada cash jadi mimin meminta untuk pakai debit mandiri. Di teller adanya bank permata. Ya tidak apa-apa walaupun kena charge dari pada harus mengambil dulu ke ATM yang lumayan menyita waktu. Debit mandiri ke bank permata kena charge 2500 plus adm 6500 jadi kena 9ribu.
Teller FIF sedang gesek Debit mandiri mimin

Pokoknya mudah-mudahan cicilan mimin lancar, kalau tidak lancar nanti motornya diambil debt collector hhe. Jangan sampai ya, selanjutnya mimin menunggu surat stck dan stnk semoga cepat. Alhamdulillah.

27 Juni 2018

STNK, STCK dan Plat sementara sudah bisa diambil di delaer.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Beli Motor Pertama Kali (Nyicil) Part III"

Posting Komentar