Jalur Alternatif Simpang-Parakan Muncang

Jalur alternatif Simpang-Parakan muncang terletak di kabupaten Sumedang Jawa Barat. Jalur ini menghubungkan wilayah Sumedang Menuju Garut dan sebaliknya. Jalannya tidak terlalu besar tapi kendaraan berat dapat melalui jalur ini karena disini ada banyak pabrik yang setiap harinya kendaraan berat berlalu-lalang keluar masuk pabrik.


Jalan alternatif ini beraspal mulus sejak saya melintasi jalan ini tapi harus selalu waspada karena
jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun. Pemandangan disini memanjakan mata anda melihat hamparan kebun, bukit yang hijau dan asri dengan suasana pedesaan. Bila kendaraan anda ingin mengisi bensin disini terdapat beberapa POM bensin yang siap melayani kendaraan yang melintas 24 jam. Tapi saat malam hari hati-hati bila melintasi jalur ini karena minim penerangan.
Jalan Parakan Muncang - Simpang (Sumber:www.galamedianews.com)
Kendaraan umum yang melintasi jalur ini yaitu angkot kuning jurusan Tanjungsari-Cicalengka dengan tarif 7ribu-8ribu. Bila musim macet seperti saat musim liburan atau lebaran, kadang kendaraan Elf dari arah Cirebon menuju Bandung akan melalui jalur ini karena di daerah Tanjungsari sampai Cileunyi selalu macet. Walaupun melewati jalur ini yang memutar dan lebih lama tapi para sopir elf lebih memilih jalur ini demi kelancaran dibanding berlama-lama dalam kemacetan. Tapi anda yang menaiki elf tersebut kadang diminta uang kembali dengan alasan tambahan solar dan alasan kemacetan.

Jalur ini sedikit macet saat akan masuk dari Parakan muncang karena di daerah sekitar terdapat pasar yang sampai meluber ke jalanan. Tapi setelah melewati pasar akan kembali normal. Hati-hati juga saat melewati jalur ini karena banyak anak-anak yang menyeberang dari sekolah-sekolah sekitar. Saat menyalip kendaraan roda empat dan lebih agar hati-hati juga karena ruas jalan yang agak sempit, memungkinkan mata kita harus waspada dan konsentrasi berkendara.

Bila berkendara motor malam hari, harus waspada karena penerangan yang minim. Dan sepanjang jalan di jalur ini terdapat hutan-hutan yang harus waspada terhadap hal-hal yang tidak diingiinkan seperti tindak kejahatan, disarankan bila berkendara malam hendaklah tidak sendirian.
Saat musim hujan seperti sekarang agar waspada terhadap jalan-jalan yang rusak akibat air hujan dan berhati-hati saat melintasi bukit yang bisa menyebabkan tanah longsor. Hati-hati juga dengan aspal yang licin saat aspal dalam keadaan basah akibat guyuran hujan. Ikuti petunjuk rambu-rambu yang ada di sekitar.

Perjalanan dari Parakanmuncang-Simpang bisa ditempuh sekitar 20-30 menit bila lancar dan terkendali. Sobat wajib mempunyai surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM serta gunakan helm demi keselamatan jiwa sobat. Kadang pada waktu-waktu tertentu di jalur ini ada polisi yang berjaga-jaga untuk memeriksa kelengkapan pengendara istilah lainnya ada razia kendaraan yang membuat was-was yang tidak meliliki kelengkapan surat berkendara atau memeriksa kelayakan kendaraan.
Demikian ulasan dari saya semoga bermanfaat buat para pengendara yang akan melewati jalur ini. Selamat menikmati berkendara!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Sep 21, 2017, 2:26:00 PM delete

Saya pernah lewat sini. Jalannya naik turun berkelak kelok

Reply
avatar
Sep 21, 2017, 6:48:00 PM delete

Enak sob naik turun hehe. Lampu penerangan malamnya udh lumayan

Reply
avatar