Menginap Hemat di Cepuri Prawirotaman II

Cepuri di Jl. Prawirotaman II (source: www.agoda.com)
Saat pertama kali backpacker ke Jogja di pertengahan tahun 2015, kami menentukan penginapan di Jogja tepatnya di Prawirotaman. Terletak di tenggara jalan Malioboro, agak jauh dari Malioboro tapi disini suasananya tenang. Prawirotaman sendiri kata orang-orang adalah penginapan orang-orang bule. Disini ada Bar, Cafe dan semacamnya. Dan memang benar saat kami ke sini, kami selalu berpas-pasan dengan orang bule dan melewati Cafe dan Bar.

Kami mencari hotel ini susah-susah gampang, karena di Prawirotaman ini ternyata ada 3 jalan yang sejajar. Nah, hotel ini berada di Jalan prawirotaman II. Tepatnya kami masuk lewat gang kecil dari jalan prawirotaman I ke jalan prawirotaman II. Maklum baru pertama kesana hehe. Padahal tidak usah masuk gang seperti itu bikin nyusahin sendiri.

Saat kami menelusuri hotel ini, kami menghampirinya karena di depan hotel ini ada resepionis yang sedang stand by di etalase samping kanan hotelnya. Bila tidak ada resepsionis hotel yang nongol mungkin kami tidak akan mampir ke hotel ini dan kami mencari hotel yang lainnya.
Kami turun dari motor dan kami hendak menginap disini. Resepsionis memberikan pilihan kamar yang tersedia. Saya pilih kamar fan (kipas angin) lebih enak angin gelebug (hehe) dan setiap kamar tersedia tv juga. Disini saya menginap dengan fan yang anginnya gelebug-gelebug=anginnya terasa banget.

Saya menyerahkan KTP, dan selanjutnya pilihan pembayaran DP atau cash. Saya pilih cash saja sebesar IDR 200.000 untuk 2 malam.

Kami tidak membooking jauh hari alias langsung on the road dan kami beruntung pula tidak kehabisan kamar. Saat itu memang hari biasa sih bukan hari libur weekend haha. Kami dipersilahkan masuk di pagi itu juga, sungguh enaknya tidak usah menunggu jam 12.00. Biasanya hotel mengizinkan masuk setelah jam 12 atau jam 1 siang lho.

Dilihat sepintas hotel ini seperti sebuah kostan yang disulap jadi hotel. Dilihat dari luar saja kami melihat seperti sebuah rumah saat masuk ke dalam ternyata banyak kamar-kamar yang saling berhadapan. Pada halaman kamar terlihat rapi dan bersih masing-masing kamar ada tong sampah dan meja kursi untuk leyeh-leyeh.

Fasilitas yang diberikan salah satunya TV. Saat menyalakan TV gambarnya penuh dengan semut-semut jangan berharap banyak ingin nonton bola ya hehe. TV yang layarnya jelas dan bersih dari semut terletak di depan, untuk umum sepertinya. Kipas angin lumayan anginnya kencang bisa buat mengeringkan kaos tipis yang basah. Dan fasilitas lainnya dapat sabun gratis untuk mandi, kalo handuk bawa sendiri dari rumah ya hehe.

Nah, disini juga tersedia Laundry. Lumayan agak mahal tapi cepat kok misal sekarang dikirim besoknya sudah jadi lho.  Sang pemilik hotel pun memberikan pilihan ingin yang ekspress atau yang ekonomi. Enggak deng hehe. sang pemilik cuma memberi pilihan yang cepat atau yang agak lama sekitar 2 harian. Kami waktu itu membayar sekitar 50rb-an untuk pakain sekitar 2 kilo, gegara sebelumnya kehujanan di daerah Sleman setelah selesai dari Borobudur.

Saat pagi hari, saya keluar kamar tiba-tiba ada roti dan teh di meja depan kamar, saya yakin ini untuk saya, sesajen untuk penghuni kamar yang kelaparan seperti saya ini. Tanpa pikir panjang saya minum teh tersebut dan makan roti buat sekadar ganjal perut saja, Asyiknya perut saya tidak keroncongan lagi. Nah, Bila ingin kenyang disini terdapat pasar juga lho. sangat dekat sobat tinggal ke arah kiri jalan sekitar 100 meter di ujung jalan prawirotaman II. Disana ada  pasar yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dan juga makanan-makanan kecil untuk sekedar mengisi perut.

Hotel tutup jam 21.00 wib. Tinggal penjaga saja yang menunggu di dalam. Kami termasuk datang di atas jam 9 malam, kami ketuk pintu dan penjaga membuka pintu kemudian motor kami langsung di parkir di dalam. Di dalam pun banyak motor penghuni hotel ini juga. Disarankan tidak mengunci stang agar saat mengeluarkan motornya gampang. Maklum parkiran dalamnya sempit jadi harus satu persatu untuk mengeluarkan motornya.

Demikian pengalaman kami menginap di hotel cepuri Prawirotaman Jogja, semoga menjadi bahan review sobat-sobat yang ingin berkunjung ke Jogja. Salam backpacker!

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Menginap Hemat di Cepuri Prawirotaman II"