Dinginnya Tidur di Mesjid Agung Bandung

Ini merupakan pengalaman pribadi. Kami berdua menikmati malam yang indah di kota Bandung. Bintang-bintang berkelip indah di langit, saat itu cuaca yang sangat baik, langit tampak terang.


Berawal dari stasiun Bandung kami hendak berjalan menuju mesjid agung. Kami berniat menginap untuk tidur di alun-alun Bandung tepatnya di mesjid agung. Kami dari stasiun jalan kaki saja. Saat
kami melewati jalan otista dimana pasar baru berada, nampak di depan kami seorang wanita penghibur sedang mencari pelanggannya dengan melambai-lambaikan tangannya ke pengendara yang melewatinya. Kami bergidik takut dengan wanita tersebut (kepedean: dia juga takut dengan kita kali haha). Bahkan di setiap jalan utama pun kami hampir mendapati wanita-wanita malam. Sungguh pemandangan yang tidak biasa bagi kami.

Gambar: Terik saat siang hari
Waktu sudah pukul 20.00 wib kami menikmati kopi hangat dan makan mie kemasan cangkir yang sudah diberi air panas sambil duduk di kursi pinggir jalan Asia-Afrika. Di seberang jalan terdapat hotel zodiak yang terlihat ramai berderet mobil di tempat parkir. Kami tepat di seberangnya, di Alfamart yang berada di sebuah hotel bintang lima. Para pengunjung dari hotel zodiak menyeberang untuk membeli barang atau makanan. Suasana dingin memang bikin perut pengen makan hehe.

Perut sudah terisi kami lanjutkan menuju mesjid dengan berjalan kaki, lumayan dekat dari kami nongkrong menuju ke sana cuma berjarak 50 meter saja. Saat kami sampai di halaman mesjid, di selasar luar mesjid sudah banyak manusia yang bergelimpangan. Mereka semua para pengunjung juga yang menginap di mesjid ini. Pihak mesjid tidak diperkenankan untuk tidur di dalam mesjid. Di perbolehkan hanya di teras selasar luar saja. Kami mencari selasar yang agak lapang, kami dapat selasar di sebelah utara mesjid, lumayan lah untuk istirahat saja.

Hal bodoh yang saya alami saya tidak membawa jaket, banyak di samping kanan-kiri kami tidur beralaskan koran atau dus. Kami berdua hanya beralaskan lantai, awal pukul sebelas malam suhu masih sedikit agak hangat kemudian ketika jam 1 dini hari suhu semakin menurun. Kami tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kadang kami bangun untuk duduk karena badan kami kedinginan. Ketika kami lelah menahan badan akhirnya terlentang kembali dan seterusnya seperti itu. Gigi kami bergetar kedinginan, benar-benar dingin sangat, kami langsung duduk dari tidur kami. Tidak bisa tidur sepanjang waktu istirahat kami sungguh menyiksa.

Selain itu ada orang gila yang teriak-teriak tidak jelas mondar mandir kesana kemari. Semakin kami tidak bisa tidur nyenyak saja. Pada saat itu juga ada satpol pp yang merazia para tunawisma di sekitar jalan utama, sirine dari mobil yang dikendarai para petugas membuat orang yang tidur pun terbangun. Kami yang bertempat di mesjid tidak kena razia karena maaf kami bukan gelandangan.  Kami aman berada di selasar mesjid.

Saat shubuh tiba, kami bergegas untuk wudu bertempat di basement mesjid. Pintu mesjid dibuka untuk jemaah yang hendak melaksanakan shalat shubuh. Kami masuk ke dalam mesjid, melaksanakan shalat shubuh. Selesai melaksanakan shalat kami duduk-duduk di mesjid. Mata kami sangat ngantuk saat itu gegara saat tadi malam tidak bisa tidur karena kedinginan sehingga kami tidak sadarkan diri tidur di dalam mesjid.

Saat kami mimpi indah, ada yang menepuk-nepukkan tangan ke badan kami, saat kami membuka mata ternyata kami disuruh untuk keluar mesjid karena nanti jam 7 pagi akan ada pengajian rutin. Kami keluar dengan mata yang sayup-sayup dan kami lanjutkan petualangan berikutnya dengan rasa kantuk hadeuh. Sungguh pengalaman yang tidak menyenangkan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments
Jul 10, 2016, 9:56:00 PM delete

halo, mau tanya, jadi untuk tidur di selasar masjid raya bandung memang diperbolehkan?

terima kasih

Reply
avatar
Jul 11, 2016, 10:57:00 AM delete

Hi juga, diperbolehkan atau tdk kurang tau ya mas tp saat kita tdr dsna dl tdk ada yg melarang, banyak yg tidur d selasar kok. Bila di dalam tdk bs karena dikunci mas :-)

Reply
avatar
Aug 4, 2016, 10:06:00 AM delete

Terimakasih mas sudah berbagi info, kebetulan saya sabtu besok ingin beristirahat semalam di masjid agung...

Reply
avatar