Naik Kereta dari Bandung ke Denpasar Ternyata Ada


Sobat-Sobat yang hendak liburan ke Bali tanpa ribet harus naik berkali-kali kendaraan, sobat bisa mencoba tips dari admin. Disini tips nya bukan maksud naik pesawat terbang ya, tentu naik pesawat terbang memang salah satu solusi dari semua itu akan tetapi jika dilihat dari budget pun pastinya lumayan mahal.

Admin akan memberikan tips dengan harga terjangkau tetapi tidak ribet harus naik kendaraan berkali-kali. Naik bus pariwisata rombongan? Itu juga  solusi tapi seorang backpacker pastinya tidak pakai rombongan satu bis juga lho haha. Tips nya adalah admin menyarankan naik kereta cukup dua kali saja dari bandung sampai denpasar. Mana bisa? Bisa lah, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini cieileh hehe.

Gambar: Tabel Kereta Api Bandung-Denpasar PP
Disini sobat harus bikin rencana dari Bandung saat hari H tiba, sobat sudah mempunyai tiket yang sudah di pesan jauh-jauh hari. Sobat langsung pergi menuju stasiun Kiaracondong, disana sobat akan menaiki kereta Ekonomi Pasundan, Kereta jurusan stasiun Kiaracondong Bandung dengan tujuan akhir stasiun Surabaya Gubeng. Harga tiketnya IDR 94ribu April 2017)

Kereta Pasundan ini berangkat dari stasiun Kiaracondong pukul 05.20 wib. Sobat harus sudah berada di stasiun pagi sekali, bila rumah dekat dengan stasiun cukup jalan kaki. Bila dari luar kota sobat bisa menginap di stasiun Kiaracondong, stasiun ini buka 24 jam bisa tidur di kursi ruang tunggu kalo kosong hehe. Jam 5 pagi sobat harus sudah di stasiun untuk check in naik kereta Pasundan. Di sini subuh pun sudah lumayan ramai oleh para calon penumpang kantoran orang-orang Bandung yang hendak akan pergi bekerja.

Setelah menghabiskan perjalanan selama kurang lebih 16 jam, tibalah kereta Pasundan diperhentian akhir stasiun Gubeng pukul 21.35 wib. Nah sobat langsung lanjutkan dengan menaiki kereta Mutiara Timur Malam yang berangkat pukul 22.00 wib. Ingat sobat sudah memesan tiket bersamaan saat membeli tiket kereta Pasundan sekalian dengan memesan tiket Mutiara Timur Malam jurusan ke Denpasar ya, harga tiket nya dikisaran 190rb-290rb (sudah termasuk ongkos bis Damri ke Denpasar). Beruntung bila sobat mendapatkan harga yang 190rb hehe.  190rb tiket termurah kelas bisnis-290rb tiket termahal kelas eksekutif)

Jadi saat tiba di Gubeng sobat langsung turun dari kereta Pasundan dan segera keluar pintu dan masuk kembali untuk check in lalu tiket kita dicap terus naik ke kereta berikutnya kereta Mutiara Timur Malam.
Jam 22.00 malam berangkat!! Sobat gunakan malam hari dengan istirahat di kereta.  Setelah menghabiskan perjalanan selama 7 jam-an kereta tiba di stasiun Banyuwangibaru pukul 04.26 shubuh. Sobat turun dari kereta tersebut dan di lanjutkan naik bis Damri yang sudah disediakan oleh pihak PT.KAI, sobat tinggal jalan beberapa meter nanti sobat akan di arahkan petugas menuju pool Damri di Banyuwangi.

Dengan bis tersebut sobat langsung berangkat tanpa harus turun di pelabuhan untuk membayar tiket kapa Ferry. Di pagi yang cerah bis Damri menjelajah Bali bagian barat. Nikmati pemandangannya lho. Setelah menghabiskan waktu di bis selama kurang lebih 5 jam, bis tiba di Ubung Denpasar pukul 09.30 pagi hari.

Sedikit dari pengalaman backpacker tujuan bali bila memesan bis bukan Damri biasanya pihak bis tersebut tanpa kita tahu mereka biasanya menurunkan penumpang di terminal Mengwi yang lumayan jauh dari Denpasar, malah harus naik kendaraan kembali untuk sampai ke terminal Ubung Denpasar. So, naik Damri pilihan yang tepat.

Setelah tiba di terminal Ubung, sobat bisa menginap di hotel terdekat, lumayan banyak penginapan disini atau menyewa motor di sekitar terminal Ubung untuk menjelajah tempat wisata yang ada di pulau dewata. Bila Sobat hendak menginap di Kuta dan menyewa motor tinggal naik 1 kali angkot menuju kuta.

Sobat menghabiskan waktu 2 hari 1 malam untuk sampai ke Bali, sobat hanya bermalam saat di kereta Mutiara Timur Malam saja. Dan keseluruhan biaya kendaraan yang dihabiskan hanya 94rb+190(yang termurah)= IDR 284ribu.

Kemudian saat pulang atau telah selesai liburan, sobat hendak menuju tempat dimana bus damri berada. Markas bis damri berada di Genteng Biru, Dekat jalan Diponegoro - Jl Teuku umar Denpasar.Karena bis Damri berangkat pukul  14.30 wib (13.30 wita) sobat sebelumnya sudah berkemas barang-barang sudah tiba di markas Damri pukul 12 siang agar tidak ketinggalan.

Mutiara Timur Malam Tiba di Gubeng pukul 04.26 subuh dan di lanjutkan naik kereta pasundan siang harinya pukul  08.10 pagi.  Menunggu 3 jam di pagi hari lumayan dengan jeda 3 jam tidak terasa.  Taraa, kereta Pasundan tiba di stasiun Kiaracondong malam harinya. 

Jadi ongkos Bandung-Denpasar PP sebesar IDR 568ribu. (Pasundan 94rb+MTM 190rb yang termurah)

Contoh Itinerary 4 hari 3 malam liburan di Bali dengan naik kereta Pasundan dan kereta MTM

Hari Pertama
[05.20 wib] Kereta berangkat ke stasiun Surabaya Gubeng.
[21.35 wib] Tiba di Gubeng, Turun dan lanjut langsung naik kereta Mutiara Timur Malam (MTM)
[22.00 wib] Kereta MTM berangkat menuju Denpasar Bali
Hari ke-2
[04.26 wib] Kereta MTM tiba di stasiun Banyuwangibaru. Turun dari MTM dilanjutkan naik bis Damri.
[09.30 wib] Bus Damri tiba di terminal Ubung, Denpasar Bali. Mencari penginapan/sewa motor.
Hari ke-3
[06.00 wib] Berpetualang ke tempat wisata Bali
Hari Ke-4
[06.00 wib] Berkemas persiapan pulang ke Bandung.
[12.30 wib] Sudah berada di Pool Bis Damri di Genteng Biru.
[14.30 wib] Bis Damri berangkat menuju stasiun Banyuwangibaru.
[22.00 wib] Kereta Bisnis Eksekutif Mutiara Timur Malam berangkat.
[04.26 wib] Kereta MTM tiba di stasiun Surabaya Gubeng.
[08.10 wib] Kereta ekonomi Pasundan berangkat ke Kiaracondong Bandung
[23.25 wib] Kereta Pasundan tiba di stasiun Kiaracondong. Lanjutkan tidur sobat di rumah hehe.

INGAT: Saat dari Kiaracondong Bandung ke Surabaya Gubeng, selisih kereta Pasundan tiba dengan keberangkatan Mutiara Timur Malam hanya berselisih 24 menit, sangat beresiko bila kereta api Pasundan mengalami keterlambatan tiba di Stasiun Gubeng. Bila sobat pernah mengalami seperti kejadian di atas, mohon sharingnya.

Kalo punya duit lebih naik kereta bisnis/Eksekutif Argo Wilis dari St.Hall Bandung kalo dirasa naik pasundan beresiko.

Baca: Naik kereta dari Bandung ke Banyuwangi dan sebaliknya

*Info Terbaru 
Berikut jadwal kereta Bandung - Bali terbaru (1 April 2017)

Bila agan ingin memilih kereta selain kereta Ekonomi bisa juga naik Argo Wilis dilanjut naik Mutiara Timur Malam lumayan jedanya hanya 2 jam saja tiba pkl.  20.19 wib nyambung pkl.  22.00 wib tidak mepet seperti kereta ekonomi Pasundan.  Tiket Argo Wilis kisaran 345rb s/d 460rb kelas Bisnis Eksekutif. Kemudian pulangnya pun yang bisa langsung sambung tidak menunggu lama dan jedanya tidak mepet yaitu kereta Argo Wilis juga.  Silahkan pilih saja mau yang Ekonomi atau Eksekutif. Jadwal kereta lainnya selain itu jeda tunggunya lumayan lama Sob.

Berikut jadwal kereta Bandung - Denpasar BALI dan sebaliknya. 

Jadwal Kereta Bandung - Surabaya - Denpasar Kelas Ekonomi,  Bisnis dan Eksekutif

Jadwal kereta Pulang Denpasar-Surabaya-Bandung
Demikian semoga bermanfaat untuk sobat yang hendak liburan ke Bali dengan naik kereta api. Happy Holiday! 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

comments
Jan 15, 2017, 7:51:00 PM delete

jarak waktu antara pasundan dgn mut. timur malam terlalu mepet.. kalo sy lbh nyaranin naik kahuripan, nyambung sri tanjung di lempuyangan jogja.. atau naik malabar, nyambung tawang alun di malang.. jeda waktu bnyak, bisa bwt istirahat atau mandi.. malah kalo naik malabar bs jalan2 di malang dl. tp yg plg murah tetep transit jogja, sampe bnyuwangi cuma abis 160rb an

Reply
avatar
Feb 5, 2017, 7:10:00 PM delete

Itu kita beli tiket keretanya gimana?lgsg bilang bandung - bali? Makasih

Reply
avatar
Feb 5, 2017, 10:18:00 PM delete

Biasanya kalo ane pesen tiket kereta itu nulis di kertas yg telah d sediakan oleh kasir untuk diisi bukan bilang pesen tiket bandung - bali. Hatur nuhun mbak alamanda sudah nyempatin nulis komentarnya..

Reply
avatar
Jul 2, 2017, 6:32:00 PM delete

beli tiketnya langsung di stasiun kiara condong ? bisa pesan tiket mutiara dari surabaya ke banyuwangi ?

Reply
avatar
Aug 18, 2017, 9:57:00 AM delete

Tiket Gubeng - Denpasarnya ga bisa beli online ya. Hihi aku nyari di Traveloka sama di situs resmi KAI juga ga ada hehehe. Apa mesti di stasiun?
Btw. Makasih infonya..

Reply
avatar
Aug 18, 2017, 6:29:00 PM delete

Saya cek di kai gubeng denpasar ada kok :)
Biar tidak ragu coba aja mbak ke stasiun hhe. Sama-sama mbak :)

Reply
avatar
Kristiani Mareta
Sep 18, 2017, 4:33:00 PM delete

Pas naik bus damri nya itu, s bus bakal naik kapal ferry ato engga ni bang Prince? Kalo iya bayar nya berapa ya?

Reply
avatar
Sep 18, 2017, 7:27:00 PM delete

Kalau pesannya sekalian di tiket kereta berarti sdh bs langsung naik tanpa bayar lagi dan bila hendak ke Bali pastinya bis tersebut menyambung dengan naik kapal ferry tuk ke P. Bali. Demikian informasinya Mbak kris :)

Reply
avatar
Kristiani Mareta
Sep 20, 2017, 5:49:00 PM delete

Kalau pulangnya? kalo kita udh sampai diterminal ubung nya, kita cari damri tsb lagi atau gimana mas?

Reply
avatar
Sep 21, 2017, 4:11:00 AM delete

Kalo pulangnya tidak di ubung tapi ke pool damri di Genteng Biru, Dekat jalan Diponegoro - Jl Teuku umar Denpasar

Reply
avatar