Kereta Apa Yang Hemat Dari Banyuwangi Ke Bandung?

Gambar: Jadwal Kereta Api Jurusan Banyuwangi-Bandung ( Transit Jogja/Malang/Surabaya) 

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara ngirit pulang ke kampung sobat yang berada di Bandung melalui naik kereta kelas masyarakat biasa seperti saya. Bagi sobat yang sudah berlibur dari Bali dan Lombok bila melalui jalan darat pasti anda akan melewati Banyuwangi, Jawa Timur bukan? Beda ceritanya bila anda pergi atau pulang lewat udara.


Bila sobat sudah menghabiskan liburan dan hendak pulang dengan naik kereta api, maka anda harus memperhatikan jadwal kereta dari Banyuwangibaru. Disini tersedia kereta kelas ekonomi Sri Tanjung tujuan Lempuyangan Yogyakarta, kereta ekonomi Tawang Alun Tujuan Kota Malang, kereta Eksekutif Bisnis Mutiara Timur Siang dan Mutiara Timur Malam.

Transit di Jogja

Bila anda berniat pulang melalui Jojga maka sobat diharuskan naik kereta kelas ekonomi Sri Tanjung tujuan Lempuyangan. Dengan keberangkatan dari Banyuwangi pukul 06.30 wib dan tiba di Lempuyangan Jogjakarta pukul 19.30 wib (Sri Tanjung Banyuwangibaru-Lempuyangan 06.30-19.30). Tiket kereta Sri Tanjung saat ini IDR 100ribu (03/16). Enaknya naik kereta itu kita bisa memprediksikan jam ketibaan di tempat tujuan karena kereta tidak mengenal kemacetan.

Tiba di Lempuyangan pukul 19.30 wib malam hari. Esok harinya sobat bisa menyambung naik kereta ekonomi Kahuripan atau Pasundan dari stasiun Lempuyangan. Sobat malam ini agar menginap di Jogja sampai esok hari. Bila anda punya uang lebih bisa menginap di penginapan terdekat, bila tidak menginap pun paling sobat cari musholla atau tidur di peron bila diperkenankan. 

Kereta Pasundan berangkat lebih awal dari kereta Kahuripan yaitu pukul 14.00 siang, tiba di stasiun Kiaracondong Bandung pkl 23.19 malam (Pasundan Lempuyangan-Kiaracondong 14.00-23.19) . Sedang Kahuripan berangkat waktu isya pkl. 18.58 dan tiba di stasiun Kiaracondong Bandung pkl 03.32 pagi (kahuripan Lempuyangan-Kiaracondong 18.58-03.32). Bila sobat tidak ingin lama-lama di Jogja ambil kereta siang aja kereta Pasundan dengan tiket seharga IDR 100ribu dan bila ingin jalan-jalan terlebih dahulu di Jogja sampai maghrib ambil kereta Kahuripan berangkat waktu isya pkl 18.58 dengan tiket IDR 90ribu.

Transit di Malang

Dari banyuwangibaru ke stasiun Malang naik kereta Ekonomi Tawang Alun, berangkat pukul 05.00 shubuh dan tiba di stasiun Malang pukul 12.56 siang hari (Tawang alun Banyuwangibaru-Malang 05.00-12.56). Harga tiket ekonomi kereta Tawang Alun IDR 65.000. Berikutnya menaiki kereta jurusan ke stasiun Kiaracondong atau ke stasiun Bandung. Kereta Malabar ini satu-satunya kereta dari malang yang berangkat ke Bandung. Kereta Malabar berangkat dari Malang pukul 16.00 sore hari dan tiba esok harinya di kiaracondong pukul 08.13 pagi hari. (Malabar Malang-Kiaracondong 16.00-08.13). Sobat bisa istirahat di Malang sampai sore pkl 16.00 wib. Tanpa harus menginap terlebih dahulu di Malang, bisa langsung menaiki kereta berikutnya di hari itu juga.

Transit di Surabaya

Dari Banyuwangi bisa menaiki kereta ekonomi Sritanjung, kereta Bisnis Eksekutif Mutiara Timur Siang atau Bisnis Eksekutif Mutiara Timur Malam. Kereta ekonomi Sritanjung berangkat dari banyuwangibaru pukul 06.30 pagi dan tiba di stasiun Surabaya Gubeng pukul 13.07 siang hari. (Sri Tanjung Banyuwangibaru-Surabaya Gubeng 06.30-13.07)

Tiba di Surabaya Gubeng siang hari lanjutkan esok harinya menaiki kereta Pasundan berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng pukul 08.15 wib (Pasundan Gubeng-Kiaracondong 08.15-23.19). Pilihan ini bagi sobat yang ingin menikmati kota Surabaya di sore hari sampai malam harinya dan esok harinya langsung cabut dari Surabaya. Sobat harus menginap terlebih dahulu disini dan hitung-hitung menikmati malam di surabaya.

Bila anda ingin berangkat tidak sepagi kereta Sri Tanjung, sobat bisa memilih kereta Bisnis Eksekutif Mutiara Timur Siang berangkat pukul 09.00 pagi dan akan tiba di Gubeng sore hari pukul 15.26 (Mutiara Timur Siang Banyuwangibaru-Surabaya Gubeng 09.00-15.26). Harga tiket kereta ini tidak semurah kereta ekonomi Sri Tanjung yang cuma 100ribu, MT Siang/Malam seharga IDR 100ribu-200rb. Sobat naik kereta Sri Tanjung maupun kereta Mutiara Timur Siang tujuan Surabaya Gubeng keduanya sobat haru menginap terlebih dahulu di kota pahlawan ini. Kereta Sri Tajung tiba pkl 13.07 dan MTS pkl 15.26 sedang Pasundan berangkat keesokan harinya pkl 08.15.

Pilihan ketiga yaitu naik kereta Mutiara Timur Malam berangkat dari Banyuwangibaru pukul 22.00 malam dan akan tiba di stasiun Surabaya Gubeng pukul 04.26 pagi hari (Mutiara Timur Malam Banyuwangibaru-Gubeng 22.00-04.26). Dengan menaiki kereta ini anda tiba keesokan harinya di Gubeng dan bisa disambung naik kereta berikutnya di hari itu juga dari Gubeng yaitu kereta Pasundan yang akan berangkat pkl. 08.15 pagi hari (Pasundan Gubeng-Kiaracondong 08.15-23.19). Naik kereta MTM ini cocok untuk sobat yang ingin cepat-cepat ketemu istri sobat di Bandung (haha) atau tidak ingin menginap satu malam pun di Surabaya.

NB: Pesan tiket jauh hari ya sob maklum peminat kereta ekonomi saat ini membludak. Hari H sobat akan berangkat dan belum tentu langsung dapat tiket hari itu juga kecuali sobat memilih kelas eksekutif (ckckck) biasanya pasti ada di hari itu juga.  Saat ini armada kereta api sudah menjadi favorit orang Indonesia. PT KAI sudah berbenah diri sehingga kenyamanan dan ketepatan sangat diutamakan perusahaan ini lho. So sekali lagi pesanlah tiket kelas ekonomi/bisnis jauh hari(hehe)


Demikian tips atau panduan untuk sobat yang hendak akan pulang dari Banyuwangi sekitar ke Bandung dengan menaiki kereta api semoga bermanfaat untuk menentukan itinerary perjalanan sobat. Salam backpackpurrrr! (backpacker sepur)

Baca : Naik kereta dari Bandung ke Banyuwangi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Mar 26, 2017, 6:27:00 AM delete

Terimakasih mas. Membantu banget. Saya dari banyuwangi

Reply
avatar
Mar 26, 2017, 10:11:00 PM delete

Masama mbak, terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Selamat berpetualang ke Bandung ya.

Reply
avatar