Mendaki Gunung Guntur 2249 Mpdl

Garut - Gunung guntur berada di kab. Garut merupakan gunung yang paling dekat dengan kota yang terkenal dengan dodol dan dombanya. Letaknya pun sangat strategis, mengapa strategis? karena bila dari Jakarta ataupun kota lainnya bilamala hendak ke gunung ini hanya sekali jalan, cukup naik bis primajasa dan minta berhenti di pom bensin Tanjung, Garut. Beda lagi dengan gunung papandayan atau pun Cikuray yang harus pp ke terminal Guntur dan naik kendaraan lagi.

Pengalaman mimin mendaki 3 gunung di Garut. Yang paling hangat suhunya ya Guntur. Mimin juga berasa aneh kok d gunung guntur gak dingin-dingin amat berbeda dengan gunung gunung lainnya yang suhunya di bawah 20° C saat sore sampai pagi. Saat tidur pun mimin gak pakai sleeping bag maupun jaket hhe. tapi saat dini hari saja sih yang terasa agak dingin. Jadi hipotermia/kedinginan di gunung ini sepertinya sangat kecil berhubung suhunya yang hangat.

Ada berapa pos di Guntur?
Nah, di Guntur memiliki pos yang tidak banyak. Gunung ini hanya punya 3 pos lho dan pos-posnya tidak memiliki nama. Tapi jangan meremehkan hal itu lho. pengalaman mimin ke sini aja lumayan pegal-pegal nih badan hhe.

Bagai mana trek Guntur?
Base Camp - Pos 1
Trek guntur dari base camp ke Pos 1 di dominasi oleh pasir hitam yang kasar, kerikil-kerikil dan bebatuan. di sini memang tempat penambangan pasir. pasir yang dijadikan untuk tembok-tembok rumah.

Pos 1 - Pos 2
Trek di sini sama halnya dengan saat perjalanan menuju pos 1 yaitu bebatuan ditambah trek yang mulai terjal. di sini ada terdengar suara air dari air terjun guntur.

Pos 2 - Pos 3

Trek tetap nanjak terus dengan bebatuan pula, trek di sini mirip dengan sebelumnya juga. Di Pos 3 ini juga tempat camp seluruh pendaki. ada kamar mandi ada, isi ulang air. Mendirikan tenda di sini pintar-pintar cari tempat saja karena tanahnya tidak datar alias agak miring.

Pos 3 - Puncak
Ini dia trek yang sesungguhnya. Guntur kata orang-orang adalah miniatur Semeru. kok bisa? pengalaman mimin saat ke Semeru dan sekarang ke Guntur ya hampir mirip-mirip saja sih. karena berpasir. Bedanya di Guntur pasirnya masih keras dan besar-besar berbeda dengan di Semeru yang halus-halus. Makanya saat mendaki Semeru 2 langkah naik ke atas lalu akan turun 1 langkah karena saking halusnya pasir di semeru, waktu naik memerlukan 5 jam menuju puncak. Berbeda dengan di Guntur saat naik masih bisa berpijak tanpa turun 1 langkah pun karena pasir yang keras atau bebatuan sedang yang kokoh bisa jadi pijakan kaki. Menuju puncak sekitar 2-3 jam saja.

Bagai mana turunnya di semeru dan Guntur?

Kalau di Semeru saat turun sangat cepat sekali paling cepat 1 jam cuma naiknya lumayan 5 jam hhe. kita tinggal meluncur saja ke bawah karena pasirnya halus. Turun dari Guntur pasirnya kasar jadi untuk meluncur sangat pilih-pilih, jadi tidak bebas langsung meluncur ke bawah. lumayan agak lama saat turun karena harus pilih-pilih pasir yang bisa untuk meluncur.

Bagaimana administrasi di Gunung Guntur via Citiis, Tanjung?

Kalau aku nilai sih 5/10 mengapa mimin nilai tidak besar karena administrasi di sini agak membingungkan. Saat sampai di base camp diminta uang parkir 5rb untuk motor, lalu helm dititip bayarnya seikhlasnya, saat menuju pos 1, ada warung yang katanya dari karang taruna menawarkan barang dagangannya. mimin beli botol air minum saja seharga 5rb padahal mimin tdk perlu juga sih karena sebelumnya sudah beli. setelah melewati warung tersebut mimin melewati rumah tripleks seperti pos keamanan di sini di panggil pemuda 2 orang, mereka meminta uang 5rb/orang sebagai pembayaran melewati tanah milik orang pribadi. teman kami bertanya siapa pemilik tanahnya, dan mereka menjawab bahwa pemilik tanah di sini bernama pak Supardi. kami iya-iya aja deh karena tidak kenal. lalu untuk pengurusan simaksi ada di pos 1 dan pos 3.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mendaki Guntur.
1. Membawa tongkat. untuk trek pasir.
2. Memakai sepatu daki yang sampai atas mata kaki. pasti aman dari kerikil yang masuk ke dalam sepatu.
3. Cukup bawa jerigen atau botol dari bawah karena di sini air melimpah.
4. Suhu yang tidak ekstrim jadi tidak bawa sleeping bag pun tidak masalah.
5. Pendakian ke puncak di mulai pukul 03.00 bila ingin mendapatkan sunrise.

6. Bawa Topi penutup kepala dan buff penutup mulut hidung agar terhindar dari debu.
7. Camp di pos 3 cari yang datar sebisa mungkin

Demikian pengalaman mimin mendaki miniatur gunung Semeru. Semoga bermanfaat ya Sob!

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mendaki Gunung Guntur 2249 Mpdl"

  1. Guntur bukan pasir bang, batu kerikil.. Sendal ane ampe putus..

    Ada hajinya tau, ga cuma Supardi. Sembarangan ente Ama gelar orang..

    BalasHapus
  2. iya gan kerikilnya banyak. pasirnya nggak halus.
    Sori bang klo sembarangan 😄

    BalasHapus