Menikmati Perjalanan Sinar Jaya dari Cikamurang Ke Wonosobo Dan Sebaliknya

Bis Sinar Jaya Jakarta-Wonosobo

Kami mencoba menaiki bis Sinar Jaya
menuju Wonosobo tepatnya di terminal Mendolo, Wonosobo. Untuk perjalanan mendaki gunung Sindoro di Kab. Temanggung yang bertetanggan dengan Wonosobo. Kami memulai perjalanan bukan dari Jakarta tetapi kami mulai dari rest area Sinar Jaya Cikamurang Indramayu. Jadi kami akan menaiki bis jurusan Jakarta Wonosobo atau daerah sekitar Jakarta dengan jurusan Wonosobo.
Bus Sinar Jaya

Seperti biasa kami menanyakan ketersediaan bis jurusan Wonosobo ke bagian teller tiket. Kami hanya diminta pembayaran dan tiketnya akan diserahkan setelah bisnya sudah sedia berangkat dengan panggilan speaker yang ada di sekitar ruang tunggu.

Tiket dari Cikamurang Ke Wonosobo hanya Rp. 70.000 sahaja. Ketersediaan bus Wonosobo dari Cikamurang dimulai pkl. 23.00 dan terakhir pada pkl. 01.00 dini hari. Kami mendapatkan bis tersebut pada pukul 23.00.
Interior bus sinar jaya

Perjalanan dimulai dari Cikamurang, masuk tol Cipali dan keluar tol Brebes lalu masuk ke Bumi Ayu, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, dan Tujuan akhir ke Terminal Mendolo Wonosobo. Waktu tempuh dari pkl. 23.00 dan tiba di Terminal Mendolo pkl. 6.30. Total perjalanan kami 7,5 jam perjalanan. Ada sedikit antrian di sekitar Bumi Ayu karena jalanan yang kecil dan berkelok-kelok. Kami tiba dengan selamat dan bersiap untuk menaiki kendaraan kembali menuju arah Magelang. 

Bis Sinar Jaya Wonosobo-Bogor

Setelah selesai mendaki dari 2 hari lalu kami segera menuju terminal mendolo. Kami tiba di hari Sabtu sore di terminal Mendolo Wonosobo. Dengan memakai ransel yang berisi peralatan daki yang dari saban awal dan akhir beratnya sama saja hehe, harusnya pulang itu ranselnya ringan, dan ini malah gak jauh beda dengan saat mendaki hmm. Kami pergi ke tiket Sinar Jaya dan kami meminta tellernya untuk berhenti di tol cipali km 130 bila tidak berhenti di rest area Cikamurang.

Kami tiba di terminal pkl. 16.00 sore hari. 
Harga tiket dari Wonosobo ke Cikamurang dianggap sama dengan arah ke Jakarta dan sekitarnya. Jadi harga tiketnya Rp. 100.000 beda selisih 30ribu dari arah sebaliknya (Cikamurang-Wonosobo). Menurut teller tiket, bis jurusan ke Cikamurang bisa memakai bis Sinar Jaya jurusan apa saja yang penting ke arah Jakarta. Kebetulan bis yang saya dapatkan yaitu jurusan Wonosobo Bogor. Tidak apa-apa yang penting tiba sampai kampung dengan selamat.

Keberangkatan bis dari Wonosobo dimulai pukul 17.00. Kami dijanjikan berangkat pkl. 17.00 eh ternyata bis berangkat pukul. 18.00 kurang karena menunggu penumpang yang sudah pesan tetapi belum naik ke bis.

Perjalanan pulang ini berbeda dengan saat kami berangkat. Saat ini, jurusannya tidak ke Purwokerto, Ajibarang, dan Bumi Ayu tetapi rutenya yaitu ke Pemalang!!! Wow kok bisa ya? Hhe. Apa karena bila melalui Bumi ayu takut kena macet, atau memang tidak ada penumpang yang berasal dari Purwokerto? Jadinya tidak melewati rute yang disebutkan. Rute baru yang kami tuju yaitu Wonosobo, terminal Sawangan, Purbalingga, lalu ke utara ke Randudongkal dan selanjutnya ke kota Pemalang tepatnya di tugu Sirandu Pemalang dan berbelok ke kiri menuju luar Pemalang. Dan berhenti sejenak di rest area sinar jaya Pemalang.
Suasana jalan antara Purbalingga Pemalang

Melewati Pemalang ini merupakan pertama kali bagi kami. Kab. Pemalang yang selalu hidup dan ramai di sepanjang jalan sampai tugu sirandu. Banyak pedagang kaki lima dan para tukang becak. Ingin kami mencoba makanan dan minuman atau sesuatu yang khas di sini. Tapi sayang kami hanya naik bis yang tidak bisa sesuka hati berhenti hhe.

Kami lanjutkan perjalanan dari Pemalang lalu Tegal, Brebes dan masuk tol Cipali dan ternyata bus ini masuk rest area di Cikamurang. Padahal kami sudah pasang alarm agar tidak bablas sampai Jakarta. Tapi bersyukur saja bisa berhenti di Rest area. Tiba di rest Area pkl. 01.00 dini hari. Perjalanan Wonosobo sampai Cikamurang sekitar 7 jam lebih cepat 0,5 jam dari pergi ke Wonosobo. Selanjutnya kami makan malam di sini sampai benar-benar sepi dan para petugas rest area merapikan meja dan kursi pada pkl 02.00. Kami tidak enak juga pada saat itu jadi kami pergi keluar dan menunggu jemputan hhe. Pada jam tersebut sudah tidak ada kehidupan di tempat tiket dan tempat menunggu bis karena pada jam tersebut bis menuju ke jawa sudah habis pada pkl 01.00 wib

Demikian pengalaman kami naik bis Sinar Jaya jurusan Wonosobo Jakarta sebaliknya dari Cikamurang. Semoga bagi sobat yang hendak mencoba seperti kami bisa jadi referensi perjalanan sobat ya hhe. See ya

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Menikmati Perjalanan Sinar Jaya dari Cikamurang Ke Wonosobo Dan Sebaliknya"

  1. Mau tanya donk, itu berarti klo naik bis dri cikamurang jurusan Wonosobo bis nya dateng nya mlm ya

    BalasHapus
  2. Kecewa bawa barang 1karung kecil si supir makasar minta uang bagasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk hal tersebut mungkin harus di sampaikan ke atasan po bus tersebut. apakah ada tambahan bagasi atau tidaknya. kalau saya saat naik bis sinar jaya cikamurang-wonosobo pp bawa tas gunung tidak ada masalah kang alias tidak diminta tambahan untuk tas tersebut.

      Hapus
  3. Cikamurang ke Wonosobo berpa idr nya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sdh dijelaskan sebelum pandemi. Klo masa pandemi naik 10-20rb mungkin

      Hapus