Bikin Cilok Sederhana

Bikin kuliner sendiri, itung-itung belajar tata boga. Nah, saya mau membikin makanan khas Jawa Barat khususnya Bandung yaitu cilok atau aci dicolok (tepung kanji ditusuk pake lidi). Serem ye ditusuk pake lidi, lidinya bekas nyapu halaman lagi he he. Gak lah lidi di sini lidi yang berasal dari daun pohon kelapa yang masih baru, tapi kalo gak salah (berarti bener) malah banyaknya ditusuk pake tusukan berasal dari bambu, kayak sate ya hmm. Mungkin lebih mudah mendapatkan tusukan dari bambu. Okelah Dari pada bahas lidi atau colokannya gak akan kelar nanti ceritanya hha

Kita kembali ke cilok tadi....
Bahan-bahan cilok sederhana yang saya sediakan yaitu:
1. Tepung Kanji (aci)
2. Tepung Terigu
3. Bawang putih
4. Merica (gak ada bahannya jd gak pake)
5. Garam
6. Sambel kacang Sinti (buat bumbu)

Alat dapur:
1. Penanak nasi listrik (mejikom?)
2. Wadah adonan atau baskom
3. Ulekan dan cowet

Cara-cara membuat cilok ala saya yang baru pertama Kali bikin cilok.

1. Ulek bawang putih, garam dan merica sampai bubuk halus.
2. Siapkan tepung kanji dan terigu di tempat adonan lalu aduk.
3. Bawang putih dan garam yang sudah halus diberi air panas lalu diaduk Dan dimasukkan ke adonan tepung tadi secukupnya (siram adonan sampai tidak kering atau tidak becek) lalu dipenyek-penyek sampai adonan terbentuk seperti tanah liat.
4. Adonan jadi lalu di ambil secukupnya Dan di bikin bulat-bulat/dibentuk cilok bulat.
5. Bila sudah dibentuk bulat-bulat yang banyak lalu masukkan ke mejikom yang sudah ada air mendidih.
6. Sekitar 15-20 menit angkat Dan tiriskan simpan di wadah kering. Tadaa jadi deh cilok yang kenyal-kenyal.

Rasa cilok sih hambar tapi yang bikin enak karena ada bumbunya itu loh. Saya hanya pakai bumbu sambal kacang merek s*nti jadi tidak usah ribet-ribet bikin bumbu buat cilok.

Cara bikinnya mudah kok tinggal masukkan s*nti ke wadah lalu diberi air panas kemudian dipenyek-penyek sampai halus. Jadi deh bumbu kacangnya. Tinggal cilok diguyur dengan bumbu kacang tadi. Rasanya maknyoosss.

Saat bikin waduh rempong beuud deh manasin air, ngegalo tepung, ngebuletin adonan, berenangin adonan dan banyak alat-alat dapur yang harus dicuci gegara bikin cilok ini. Saya tidak akan meremehkan pedagang cilok lagi deh. Proses bikin yang tidak sebentar tapi kalau pas makannya cepet banget ya habisnya he he. Selamat mencoba bikin cilok ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »