Tahu Yang Enak di Sumedang

Rutinitas mimin bepergian Bandung Indramayu selalu melewati Kota Sumedang. Saya berkendara motor pasti selalu menuju arah kota dibanding ke lingkar luar Sumedang yang berisi truk-truk dan bus-bus.
Tahu Bungkeng sejak 1917

Mimin heran dengan kota Sumedang ini, kok terkenal dengan kota tahu. Mimin yang lidahnya menerima apa aja alias semua makanan suka. Saat mencicipi tahu dari pinggir jalan Sumedang ya rasanya biasa aja sih, kadang satu tahu dalamnya kopong dan kering. Mimin sudah terbiasa beli tahu dari pinggir jalan.

Ternyata, dulu kakak ipar memperkenalkan tahu yang beda lho. Beliau tidak biasa beli di pinggir jalan yang tanpa nama. Ia melipir ke toko yang ada mereknya. Saat mencicipi tahu tersebut ternyata memang beda lho rasanya. 

Jadi mimin sekarang suka dengan tahu Sumedang yang ada namanya bahkan perintis tahu di Sumedang katanya. Mimin melipir ke jalan kota Sumedang dan menepikan motor ke parkiran tahu yang dituju. Mimin pesan dan pemilik tahu langsung menggoreng saat itu juga tapi tidak lama kok menggorengnya hanya 5 menitan. Tahu di sini, belum digoreng kalau belum ada yang pesan. Sehingga saat makan tahu tersebut dalam hidangan yang masih panas. Pokoknya nikmat di makan saat keadaan hangat.
tahu bungkeng tidak kopong di dalam

Tahu pesanan mimin minta dibungkus saja. 1 tahu cuma Rp. 600 saja. mimin pesan 40 tahu kena 24 ribu dan 2 sambal Rp. 3000x2= Rp. 6000. Jadi total Rp.30.000. Tahu ini rasanya enak. Dalamnya tidak kopong alias berisi sluurrrp ah.
Daftar harga sudah tersedia

Sejarahnya imigran tiongkok yang masuk lewat Cirebon lalu mendirikan toko tahu pada tahun 1917. Sampai pangeran Sumedang yang sedang blusukan yang tidak sengaja lewat melihat toko tahu ini lalu beliau mampir ke toko tahu ini. Dan pangeran bilang tahu ini rasanya maknyussss, dan pasti akan laku bilangnya. Dan memang sampai sekarang masih terkenal lho. Sekarang yang megang ya dari keturunannya. Jadi rasa tidak berubah jadi jangan khawatir dengan rasa yak. Btw, jangan lupa ya kalau ke Sumedang beli oleh-oleh khas kota ini.
-Minggu, 16 Februari 2020

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahu Yang Enak di Sumedang"

Posting Komentar