Pengalaman Pertama Perpanjang SIM C di Luar Domisili

Selamat siang, Sob. Kemarin-kemarin mengurus perpanjang SIM C di kampung sendiri ditolak, lalu sekarang sudah diterima perpanjangnya di Polres Subang, Alhamdulillah. Domisili di Kab. Bandung dan perpanjang tuk pertama kalinya di luar domisili yaitu di Kota Subang. Rencana mimin memang akan perpanjang di Sumedang, Indramayu atau Subang. Tapi ternyata perpanjang tuk pertama kali mimin di kota nanas. Memang mimin bisanya hari Sabtu saja. Minggu bisa tapi hampir semua Polres tutup kalau hari Minggu.
Penampilan SIM C 2020
Bagian Belakang

Mimin perpanjang di waktu berlaku SIM C tinggal H-12 dari masa berlaku SIM yang 5 tahunan. Bisa diterima tuk diperpanjag karena batasnya yaitu H-14 atau 2 pekan sebelum masa berlaku habis. Kemarin 1 bulan sebelum masa berlaku habis ditolak jadi ya menunggu 2 pkn lagi dan akhirnya bisa diperpanjang lagi tuh di Polres.

Perpanjang SIM C di Subang ini, pengetahuan mimin memang nol. Jadi, mimin lumayan agak bolak balik. Saat mau ke Polres mimin masuk ke Polres dan mimin distop karena yang masuk hanya kendaraan-kendaraan polisi aja. Mimin suruh parkir di samping. Mimin masuk ke parkiran di samping Polres yang dikelola oleh orang situ sepertinya. Mimin di kasih Nomor urut penitipan motor. Nanti dikembaikan jika sudah selesai urusan.
Gerbang Polres 

Saat jalan kaki dari parkiran ke Pos depan Polres mimin diminta jaket di buka dan tas diperiksa. Mimin ditanya mau apa kesini, mimin jawab mau perpanjang sim. Dan mimin diminta balik lagi karena, kalau mau perpanjang sim harus cek kesehatan. dan ternyata tempat cek kesehatan bukan di dalam Polres. Lokasinya ada di parkiran lurus ke belakang sekitar 50 m dari Polres. Mimin balik lagi ke luar Polres wkwkwk.

Mulai dari cek kesehatan, semoga aja tidak ada masalah lagi. Mimin jalan 50 m ke tempat cek kesehatan. Mimin belum tau tempatnya tapi mimin tau kalau tempat rame pasti tempat cek kesehatan. Dan benar saja mimin langsung nemu tuh tempat cek kesehatan. Mimin naruh fotocopy KTP di tempat penfaftaran cek kesehatan. Nanti dengan naruh fotocopy tersebut mimin akan dipanggil tuk cek kesehatan. pertama, cek berat dan tinggi badan. Kedua, Cek tekanan darah, dan membaca angka di buku khusus (cek buta warna). Pembayaran kesehatan cukup Rp. 40 ribu sahaja.
cek TB siapa tau nambah tinggi hhe

Selanjutnya, dengan membawa berkas cek kesehatan Mimin disuruh menuju Polres. Masuk dan diperiksa oleh petugas pos depan. Lalu masuk ke bagian kantor SIM, ditandai dengan sambutan patung Polisi di depan pintunya. Mimin beri hormat aja patung tersebut kasian gak ada yang ngajak ngobrol hhe. Saat masuk mimin daftar ke bagian verifikasi data gitu, mimin mengisi format yang dikasih, setelah selesai nulis lanjut ke pembayaran di bank BRI dekat dengan lokasi verifikasi. Ternyata di Bank BRI minta uang pas. Ada dari pengantre kesulitan karena tidak ada uang pas. Mimin alhamdulillah ada uang pas. Mimin bayar tuk perpanjang Rp. 75 ribu. Selesai dari Bank menuju tempat verifikasi dengan mengambil nomor antri. mimin dapat nomor antri 57 tapi bukan dari awal ya ngantrinya. Saat mimin di antrian tersebut yang dipanggil sudah diurutan 50 hhe.
Pembayaran agar bayar dengan uang PAS

Dipanggil dan sekalian menyerahkan berkas yang isinya lengkap (pembayaran bank BRI, Sim lama, fotocopy KTP, Cek kesehatan dan formulir yang sudah diisi).
Selesai diverifikasi mimin diarahkan ke tempat foto dan sidik jari. di sini nunggu satu orang yang foto langsung dipanggil. Cap sidik jari dan cekrek-cekrek. Selesai deh. Mimin diarahkan ke ruang pencetakan SIM. Beberapa menit kemudian mimin dipanggil dan mimin dikasih SIM baruuuuuuu jreng jreng.... yeaaayyy siap-siap lagi 5 tahun berikutnya kayak gini heheh.
Antri tuk sidik jari dan foto SIM
Ruang Sidik Jari dan Foto
ruang penyerahterimaan SIM

Untuk perpanjang SIM di Polres Subang ini cepat, yang bikin lama sebetulnya di tempat cek kesehatan saja yang ngantri hampir 1 jam lumutan. Mimin ke Polres Pukul 08.30 an dan Selesai SIM baru sudah jadi jam menunjukkan pkl. 10.00 wib. Yang lama itu yang baru bikin SIM belum tes teori dan bila lulus langsung menuju tes praktek bisa sampai siang kalau lulus semua, kalau gagal d tes teori ya cepat dan disuruh kembali lagi 7 hari berikutnya.

Total biaya perpanjang SIM C di Subang.

Kesehatan Rp. 40.000
Perpanjang SIM di BRI 75.000
Parkir Rp. 2.000 sahaja.

Jadi, Rp. 115.000 (Seratus lima belas ribu)

Sekian cuap-cuap dari mimin semoga bermanfaat ya.  (Sabtu, 29 Feb 2020)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Pertama Perpanjang SIM C di Luar Domisili"

Posting Komentar