Naik Motor Ke Base Camp Cikuray

Akhir pekan yang mumet kalo tidak keluar kandang. Pusing pala mimin arggghhhh #edisi lebay haha

Mimin cabut ke Bandung akhir pekan ini. Sepanjang jalan ke Bandung diguyur hujan byurrrrr. Celana bagian pantat, bagian ketiak kanan basah gegara jas hujan bolong tapi tak apa yang penting sampai dengan selamat.

Esok harinya, mimin cuci motor dilap saja biar terlihat kinclong saja. Mimin mencoba ke Garut dengan memutar jauh via Majalaya, Kamojang, Samarang dan Cikuray via Kiara Jenggot. Kenapa memutar karena ingin merasakan jalan Kamojang yang tanjakan dan turunan serta kelokan yang ekstrim.
Jembatan di Jalur Baru
Tanjakannya mantap

Tiba di pertigaan Samarang, lalu belok ke kiri menuju arah Tarogong Garut atau arah ke Nagreg. Di Pom bensin samping Jalur base camp Gunung Guntur mimin istirahat sambil neduh di pohon rindang. Makan batagor yang dibeli di Kamojang 6rb-an/bungkus dan cemilan yang dibawa dari rumah. Saya berhenti di sini karena ragu antara ke Cikuray atau Guntur. Saya pilih Cikuray saja karena karena Base camp Guntur mudah dijangkau.
Gn. Guntur tertutup awan (lokasi Pom Bensin samping jalur pendakian Guntur Via Citiis?)

Selesai istirahat Cabut lagi menuju Cikuray, melalui kota Garut dan masuk jalan ke Singaparna, Tasikmalaya. Letak menuju BC (base camp) Kiara Jenggot yaitu setelah lapangan Golf. Mimin ambik kanan menuju jalan Genteng dan ada pasar Sehatnya di sini. Jadi, kita bisa beli sesuatu dulu di sini sebelum daki ke Cikuray. Jalan genteng ini lurusnya ke arah Bayongbong Cikajang, jadi jangan lurus terus ya, nanti ada pertigaan ada rumah warna oren yaitu Willi Motor belok ke kiri. Memang jalannya tidak terlihat dibeton alias berbatu kerikil kecil tetapi setelahnya ada jalan beton lagi kok kemudian aspal kemudian kerikil lagi kemudian beton lagi dan saat ke atas lagi aspal lagi hehe. Beton aspal dan kerikil mewarnai jalur Cikuray via Kiara Jenggot. Tetapi yang terpenting motor dan mobil masuk ke BC Kiara Jenggot.
Pasar Sehat Genteng

Oh, iya sepanjang jalan ke BC ini banyak polisi tidurnya dan menanjak pula, operan gigi motor di kisaran gear 2 sepanjang jalur ini. Banyak para petani yang memikul kayu bakar atau pun rumput untuk dibawa ke rumah. Bila pulangnya paling-paling mimin akan matikan mesin motor saja biar melaju diturunan yang sebelumnya tanjakan hhe.
Jalan kerikil
Jalan beton nanjak

Tibalah di BC Kiara Jenggot berupa warung dan tempat istirahat di rumah panggung. Saya pesan kopi panas dan mengobrol dengan orang yang mengurus pendakian. Pendakian via Kiara Jenggot ini sudah beroperasi selama 4 tahun (2014). Dan dapat info terbaru bila mendaki via sini nanti saat sampai di BC dapat piagam penghargaan. Mimin tahu karena diperlihatkan piagamnya oleh pak Asep yang mengurus Pendaftaran pendakian. Biaya pendakian di sini sebesar 15rb dan parkir motor 5rb saja.
BC Kiara Janggot
Parkir motor pendaki
Peta Ke Cikuray via Janggot
Kamar Mandi BC Kiara Janggot

Sekian informasi dari mimin dari Base Camp pendakian Cikuray Via Kiara Jenggot. One day kita akan mendaki ke mari bersama teman teman. Amin.

FYI:

Biaya Daki = 15ribu
Parkir Motor =5ribu (terserah sebetulnya)
Dapat Piagam bagi yang sudah mendaki di sini.

Dari Jakarta.
Naik jurusan Jakarta-Singaparna(Tasik) berhenti di pertigaan jalan Genteng. Setelah lapangan golf.
Naik Ojek dari pertigaan ke Base camp Rp. 25rb (kata pak Asep BC kiara Janggot).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Naik Motor Ke Base Camp Cikuray"