Gak Percaya Bisa Gowes Menempuh 2000 km

Sudah selesai gowes selama sebulan kurang menyusuri jalan Daendels dari Anyer sampai Panarukan yang berjarak 1000 km. Anyer berada di Provinsi Banten dan Panarukan berada di Jawa Timur.

Mimin bercerita sendiri saja ya, jadi seakan-akan mimin menempuh sendiri, padahal sebetulnya peserta tour ini banyak  orangnya hhe pisss ya. Sengaja cerita sendiri biar dramatis. Berikut wawancara mimin dengan wartawan mimin sendiri

Berapa banyak orang tour sepeda keliling Jawa II?

Tidak banyak hanya 405 sahaja

Apa misi dari tour sepeda sehat keliling Jawa II?

Mengenalkan Indonesia Raya 3 Stanza yang memang lengkap, selama ini dinyanyikan hanya 1 stanza saja. Kedua Berdoa untuk para syuhada yang telah membangun jalan dari Anyer Panarukan sepanjang 1000 km. Ketiga, menghargai petani yang terkesampingkan. Kami menghargai petani lebih dari sekedar petani.

Rute manakah yang telah dilalui pada tour tersebut?

Indramayu-Cirebon-Batang-Semarang-Rembang-Tuban-Gresik-Probolinggo-Panarukan-Situbondo-Banyuwangi.  Dilanjutkan kembali ke barat: Banyuwangi-Situbondo-Probolinggo-Gresik-Tuban-Rembang-Semarang-Batang-Cirebon-Pamanukan-Bekasi-Serang-Anyer-Bekasi-Pamanukan-Indramayu.
Total yang kami lalui sebanyak 2726 km

Medan yang sangat berat di jalan manakah min?

Batang yaitu alas roban, tanjakan Paiton di Probolinggo, Baluran di situbondo, banyuwangi, Banten juga. Jalan yang naik turun membuat lelah.

Bagaimana perasaan setelah melalui tour ini?

Sangat lega dan senang, terima kasih juga kepada pimpinan kami yang selalu membimbing dengan tegas dan disiplin tinggi. Dan sampai saat ini percaya gak percaya atau sadar tidak sadar bahwa mimin telah sepedahan sepanjang 2000 km lebih dan melalui 4 provinsi, unbelieveble hhe.

Selama tour mimin pasti beristirahat. Nah, di daerah mana yang menurut mimin menyenangkan?

Semarang, di sana mendapatkan hotel yang nyaman dan luas dan terletak di kota. Di kota lainnya juga tidak ada yang jelek kok semua bagus. Kalo untuk urusan cuci mencuci ya di Tuban, tempatnya enak untuk jemur hhe.

Di daerah manakah, yang menurut mimin para petinggi daerahnya memberikan wejangan yang menarik?

Pertama yaitu di Banyuwangi, kami diundang ke pendopo bupati Banyuwangi. Selain alam yang indah bupatinya pun berdedikasi tinggi untuk rakyat. Kata orang nomot satu di sana, banyuwangi mengalami pengurangan angka kemiskinan. Menolak bentuk waralaba yang npwpnya bukan di daerah sendiri jadi di sana tidak ada namanya alfa dan indo tetapi waralaba yang lokal-lokal saja yang npwpnya masuk ke daerah sendiri. Salut deh buat pak Bupatinya.

Rute manakah yang terberat saat dilalui?

Serang Banten. Walaupun alamnya yang indah melewati pantai carita, pantai anyer tetapi medannya naik turun bak roller coaster, tetapi alhamdulillah bisa dilalui. Dan yang kedua yaitu Rute Situbondo Banyuwangi, medan naik turun kami harus lalui dan ternyata tempat penginapan pun bukan di kota tetapi di luar kota yang lumayan harus ditempuh lagi sepanjang 40 km lagi. Keduanya sama-sama di ujung pulau jawa yang alamnya indah tetapi sangat melelahkan.

Nah, berikut foto ya
Mercusuar Cikoneng, Titik 0 Anyer Panarukan, Prov. Banten 

Titik 1000 km di kec. Panarukan Prov. Jawa Timur



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »