Tips Memilih Kereta Api Murah dari Bandung Ke Jogja

Hallo!  Sobat,  kalian backpacker pertama?  atau ingin mencari tantangan keluar dari kota sendiri? Pilihlah backpacker ke kota Gudeg yaitu kota Jogja.  Dijamin kalian ketagihan!!!!  Selain banyak wisata yang seru-seru juga murah-murah lho makanan di sana.
Jejak kakiku melangkah

Nah,  Bagaimana kalo kalian dari Bandung ingin backpacker ke Jogja dengan ketepatan waktu yang tepat dan murah?  Pilih saja naik kereta api Sob.  Jadwalnya pun sudah jelas ke tempat tujuannya,  berbeda dengan naik kendaraan lainnya yang biasanya kena macet atau mogok di jalan yang sengaja diturunkan dan disuruh naik ke kendaraan lain.  Gak enak kan?

Syarat untuk naik kereta yaitu:

1. Identitas. 

KTP/SIM/Pasport, KARTU PELAJAR,  Kartu Mahasiswa, dan kartu yg bernomor identitas lainnya pilih satu untuk memesan tiket.

2. Tiket Kereta Api

Wajib hukumnya ya Sob. Untuk memesan tiket jarak menengah/jarak jauh sebisa mungkin pesan minimal 1 pekan sebelum keberangkatan. Umtuk memesan tiket bisa melalui online atau langsung ke loket tempat petugas tiket kereta api.  Pesanlah tiket jauh hari karena bila memesan hari H keberangkatan dipastikan habis,  hanya orang beruntung dan tidak banyak yang bisa langsung dapat tiket saat itu juga.

3. Boarding Pass

Saat ini PT KAI memberlakukan Boarding pass.  Sudah tersedia mesin cetak Boarding pass.  Tiket Boarding Pass ini berlaku apabila sobat hendak naik kereta.  Kan sudah ada tiket kereta?  Iya sekarang tiket keretanya harus ditukar dengan kertas berwarna oren/jingga.  Untuk mendapatkannya bisa mengetik ID pemesanan tiket di mesin cetak boarding pass,  bila tidak mengerti boleh minta bantuan ke petugas stasiun yang merangkap security nanti diberi bantuan kok. Setelah mendapatkannya dan sobat memperlihatkan ID sobat dengan boarding pass sobat ke petugas,  ID Sobat harus sama dengan kertas Boardingnya ya nanti kalo sudah cocok boleh naik ke kereta.  Berlakunya tiket boarding pass ini agar menghindari tiket-tiket palsu yang beredar.

Nah,  sekarang  berikut jadwal kereta dari Bandung ke Jogja dengan kelas Ekonomi,  cucok buat backpackeran.

1. Naik kereta PASUNDAN

Kereta  Pasundan ini kereta kelas ekonomi dengan tujuan stasiun Surabaya Gubeng.  Kereta ini melewati kota jogja tepatnya berhenti di stasiun Lempuyangan,  Jogjakarta.  Tiket saat ini yang hendak sampai akhir tujuan ke surabaya atau pun ke Jogja tetap harganya Rp. 94.000.  Murah bukan?  Kereta ini berangkat dari stasiun Kiaracondong,  Bandung pkl.  05.35 pagi hari dan tiba di Jogja pkl.  14.25

2. Naik kereta KAHURIPAN

Kereta kahuripan merupakan kereta kelas Ekonomi tujuan akhir stasiun Kediri, Jawa Timur.  Kereta ini melewati stasiun Lempuyangan,  Jogjakarta.  Tiket sampai jogja sama dengan tiket ke tujuan akhir yaitu Rp. 84.000 lebih murah lagi ya dari kereta Pasundan,  memang jarak ke Surabaya lebih jauh dari Kediri walaupun sama-sama kota dari Jawa Timur. Kereta ini berangkat dari stasiun Kiaracondong pkl.  18.10 dan tiba di Lempuyangan pkl. 02.40


3. Naik kereta KUTOJAYA SELATAN+PRAMEKS

Kereta Kutojaya Selatan juvmga kelas Ekonomi jarak menengah tujuan akhir stasiun Kutoarjo,  Kota Kutoarjo,  Jawa Tengah. Kereta ini berangkat dari st.  Kiaracondong pkl.  21.00 dan tiba ditujuan akhir st.  Kutoarjo pkl. 04.31 shubuh.  Tiket sampai tujuan akhir Kutoarjo ini Rp. 62.000 lebih murah lagi ya dari kereta Kahuripan.  Jelas murah soalnya tidak sampai ke Jogja.  Kereta ini tidak melewati stasiun Lempuyangan,  Kota Jogja.  Waduh gimana donk tidak sampai?  Tenang di stasiun Kutoarjo ini ada kereta lanjutan ke arah Jogja bahkan ke Solo,  namanya kereta PRAMEKS.  Saat transit pun tidak terlalu lama menunggu nanti kereta Prameks ini berangkat pkl.  06.00 dan sampai st. Tugu/ Yogyakarta pkl. 07.12 pagi hari.  Harga tiketnya dari st.  Kutoarjo sampai st.  Yogyakarta Rp.  8.000 Kereta ini berhenti di st.  Kota jogja yang memang dekat dengan jalan Malioboro, berbeda dengan st.  Lempuyangan saat menuju jalan malioboro perlu berjalan sekitar - + 500 meter.  Biasanya st.  Yogyakarta adalah tempat berhentinya kereta kelas Bisnis/Eksekutif.  Lumayan orang mengira ini orang turun di st.  Yogyakarta bis naik kereta Bisnis atau Eksekutif hehe.

Untuk pulangnya naik juga kereta di atas ya,  berikut keberangkatan kereta dari Jogja menuju Bandung.

1. Pasundan (94ribu)
Berangkat pkl. 14.10 tiba pkl. 23.25 

2. Kahuripan (84ribu)
Berangkat pkl.  18.15 tiba pkl.  02.42

3. Prameks+Kutojaya Selatan. (8rb+62rb=70rb)

Pertama naik kereta Prameks dengan jadwal keberangkatan pkl. 06.24 wib dan tiba di st. Kutoarjo pkl. 07.32 pagi. Jangan sampai tertinggal ya,  karena kereta Kutojaya Selatan berangkat pkl.  09.20.
Jadwal Kereta Prameks
Sumber (INFOSOLO. NET) 

Berikutnya menyambung kereta Kutojaya Selatan tujuan st. Kircon,  Bandung.  Berangkat  pkl. 09.20 dan tiba pkl. 16.41 sore.

So,  lebih irit mana ya bila hendak naik kereta api Bandung ke Jogja dan sebaliknya?

- Lebih irit naik Prameks+Kutojaya cuma kepagian yak berangkatnya,  masih kangen dengan jogja toh! Terus harus transit pula naik turun. 
- Kalo masalah waktu lebih enak naik kereta Kahuripan,  setelah menghabiskan jalan-jalan di jogja lalu sorenya pulang.  (padahal masih kangen saat malam di Jogja hiks...)
- Kalo naik Pasundan berangkat di siang hari,  nyampe agak malam masih bisa lanjut tidur di rumah dan paginya bisa beraktifitas sekolah/ngantor seperti biasa (terlihat ngantuk saat beraktifitas di pagi hari haha) 
- jawaban yang terakhir terserah sobat-sobat saja,  mau pilih mana saja boleh kok tergantung sobat pulangnya kapan enaknya. 

Demikian tips naik kereta irit ke kota Gudeg semoga bermanfaat untuk para backpacker orang Bandung euy. Wassalam

*Sumber jadwal : Tiket-KAI, Info-solo, dan www.prameks.com. (1April 2017)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »