Selamat pagi sobat akhirnya
saya bisa menulis kembali walau sebetulnya berat (malas haha). Hari ini saya
akan memberi kabar pembelian barang melalui Tokopedia. “Bagaimana barangnya
sudah sampai?” “Gimana barangnya sampai cepat?”. Nah itu pertanyaan-pertanyaan
yang bikin penasaran ya, hmmm.
Sayang seribu kali sayang
ternyata barang saya pesan kemarin ternyata gagal, karena sang toko yang saya
minati bertepuk sebelah tangan (harus berlapang dada). Toko tersebut sepertinya
sudah tidak saya minat lagi, saya ingin mencari toko yang pelayanannya langsung
di follow up atau ditindaklanjut.
Untuk uang yang telah
ditransfer ke rekening tokopedia tenang aman kok. Jadi tidak usah panik
gara-gara gagal dalam pembeliannya. Tokopedia disini istilahnya sebagai
perantara, atau kata lainnya menjadi rekening bersama penghubung antara si
penjual dan si pembeli. Uang yang telah kita transfer akan tetap di saldo akun
kita yang ada di akun tokopedia.
Di sini, sobat yang gagal
transaksi bisa mengambil uang kembali lho. Kemarin saya langsung ambil saja
saldonya dan responnya sangat cepat. Saat kami konfirmasi pengambilan saldo
dari akun tokopedia ke akun bank yang kami punya ternyata cepat tanggap, saat
itu juga saldo langsung berpindah ke akun bank saya, BNI.
Ternyata untuk rekening bank
seperti BNI, CIMB Niaga, BCA, Mandiri dan BRI responnya cepat paling lama 1x24
jam (selain tanggal merah ya). Nah, untuk BRI saat pengembalian uang ke
rekening BRI akan kena potong sekitar 1500 klo tidak salah. Bila ke rekening
BNI dan semacamnya yang bekerjasama dengan tokopedia pasti gratis tanpa kena charge.
Sistem kerja tokopedia yang
saya ketahui yaitu pembeli mentransfer ke rekening a/n tokopedia tentunya.
Pihak tokopedia akan memberitahukan atau meneruskan atau mencolek penjual yang
dimaksud untuk menindaklanjuti pemesanan dengan batas waktu 3x24 jam, tentunya
agak lama juga ya bila sang penjual tersebut tidak meresponnya. Contohnya saya
sendiri, saya pesan tanggal 18 Juni menunggu sampai tanggal 21 Juni, lumayan
lumutan ya kalo tidak ditanggapi. Karena sang penjual tidak merespon selama
3x24 jam jadi sistem otomatis tokopedia langsung membatalkan transaksi tersebut,
dan saldo di akun kita tetap utuh nominalnya.
Pelajaran dari kejadian di
atas yaitu:
“Untuk memastikan toko dimaksud aktif atau tidaknya maka terlebih dahulu
mengirim pesan ke akun penjual tersebut apakah barang yang kita incar tersedia
atau tidak. Bila tidak ada tanggapan berupa tidak balas pesan kita, maka
tinggalkanlah cari toko lain yang memang aktif (yang niat jualan tentuny hehe)”
Nah, saya dari sini tidak
putus asa, esok harinya saya langsung searching barang berupa tenda yang memang
harganya terjangkau dan penjualnya responsif (terlihat online sih). Disini saya
tidak mengirim pesan ke penjual ( nah lho gak ngikut saran sendiri haha).
Namanya juga feeling sih jadi saya langsung pesan saja dan alhamdulillah saat
saya berminat pada barang tersebut, saya langsung beli, transfer lewat internet
banking BNI kemudian konfirmasi pembayaran. Pada hari itu juga tokopedia
meneruskan pesanan ke penjual dan penjual tersebut dengan sigap, responsif
langsung mengirimkan barang tersebut. Salut dah buat pedagang ini sangat
responsif pokonya hehe. Saya sudah dapat resinya saat ini juga. Dan untuk track
barang tersebut bisa dilihat di akun sendiri ya. Tinggal menunggu barang
sampai.
Kelebihan-kelebihan
transaksi di Tokopedia menurut saya yaitu:
-Bisa transfer lewat internet
banking BNI, jadi tidak usah keluar rumah untuk pergi ke ATM.
-Barang-barang di tokopedia
harga bersaing/banyak yang lumayan terjangkau dari harganya.
-Untuk ongkir(ongkos kirim)
kita bisa memilih toko yang terdekat dengan kita, semakin dekat semakin murah
ongkirnya.
-Uang yang kita simpan di
saldo Tokopedia insyaallah aman.
Kekurangan – kekurangan
transaksi di Tokopedia menurut saya:
-Harus memastikan toko
tersebut aktif atau tidak (tidak otomatis saat pesan langsung ditindaklanjuti khususnya
oleh pedagang) jadi harus berkirim pesan dulu
-Menunggu barang yang tidak
jelas entah kapan dikirim (maks. 3 hari baru dibatalkan) bila toko tidak aktif
atau responsif
Demikian cerita saya semoga
sobat-sobat lebih pintar lagi dalam membeli barang di tokopedia, saya hanya
sebagai objek pengalaman gagal oleh kesalahan diri sendiri hehe. Nanti saya
akan bahas kembali bila barang sudah sampai ke tangan ya. Selamat beraktifitas
kembali.
Gan kemarin saya beli barang di Tokopedia seller lnya responsif tapi barang GK dikirim kirim apakah uang saya akan kembali jika barang tidak dikirim
BalasHapusKalo toko menurut mimin dilihat dari bintangnya sih gan. Klo bintangnya banyak pasti toko tersebut recomended. Klo responsif tapi tokonya baru buka bulan2 ini dan blm ada bintang serta jualnya di bawah harga sy gak rekomendasikan
BalasHapusMin saya kemarin belanja di tokped,barang statusnya sedang di kirim tapi udah 4 hari belum sampai juga,itu bisa balik lagi ga ya saldonya?
BalasHapusharus chat dgn pedagangnya dulu klo biar jelas. dan jgn lupa toko yg d tuju harus yg recomended setidakny sudah pernah jualan. untuk masalah di atas klo memang blm dikirm2 nnt jg saldo akan kembali ke saldo toped
BalasHapus