Barang Pesanan dari Tokopedia Belum Dikirim

Selamat pagi sobat akhirnya saya bisa menulis kembali walau sebetulnya berat (malas haha). Hari ini saya akan memberi kabar pembelian barang melalui Tokopedia. “Bagaimana barangnya sudah sampai?” “Gimana barangnya sampai cepat?”. Nah itu pertanyaan-pertanyaan yang bikin penasaran ya, hmmm.


Sayang seribu kali sayang ternyata barang saya pesan kemarin ternyata gagal, karena sang toko yang saya minati bertepuk sebelah tangan (harus berlapang dada). Toko tersebut sepertinya sudah tidak saya minat lagi, saya ingin mencari toko yang pelayanannya langsung di follow up atau ditindaklanjut.

Untuk uang yang telah ditransfer ke rekening tokopedia tenang aman kok. Jadi tidak usah panik gara-gara gagal dalam pembeliannya. Tokopedia disini istilahnya sebagai perantara, atau kata lainnya menjadi rekening bersama penghubung antara si penjual dan si pembeli. Uang yang telah kita transfer akan tetap di saldo akun kita yang ada di akun tokopedia.

Di sini, sobat yang gagal transaksi bisa mengambil uang kembali lho. Kemarin saya langsung ambil saja saldonya dan responnya sangat cepat. Saat kami konfirmasi pengambilan saldo dari akun tokopedia ke akun bank yang kami punya ternyata cepat tanggap, saat itu juga saldo langsung berpindah ke akun bank saya, BNI.

Ternyata untuk rekening bank seperti BNI, CIMB Niaga, BCA, Mandiri dan BRI responnya cepat paling lama 1x24 jam (selain tanggal merah ya). Nah, untuk BRI saat pengembalian uang ke rekening BRI akan kena potong sekitar 1500 klo tidak salah. Bila ke rekening BNI dan semacamnya yang bekerjasama dengan tokopedia pasti gratis tanpa kena charge.

Sistem kerja tokopedia yang saya ketahui yaitu pembeli mentransfer ke rekening a/n tokopedia tentunya. Pihak tokopedia akan memberitahukan atau meneruskan atau mencolek penjual yang dimaksud untuk menindaklanjuti pemesanan dengan batas waktu 3x24 jam, tentunya agak lama juga ya bila sang penjual tersebut tidak meresponnya. Contohnya saya sendiri, saya pesan tanggal 18 Juni menunggu sampai tanggal 21 Juni, lumayan lumutan ya kalo tidak ditanggapi. Karena sang penjual tidak merespon selama 3x24 jam jadi sistem otomatis tokopedia langsung membatalkan transaksi tersebut, dan saldo di akun kita tetap utuh nominalnya.

Pelajaran dari kejadian di atas yaitu:

“Untuk memastikan toko dimaksud aktif atau tidaknya maka terlebih dahulu mengirim pesan ke akun penjual tersebut apakah barang yang kita incar tersedia atau tidak. Bila tidak ada tanggapan berupa tidak balas pesan kita, maka tinggalkanlah cari toko lain yang memang aktif (yang niat jualan tentuny hehe)”

Nah, saya dari sini tidak putus asa, esok harinya saya langsung searching barang berupa tenda yang memang harganya terjangkau dan penjualnya responsif (terlihat online sih). Disini saya tidak mengirim pesan ke penjual ( nah lho gak ngikut saran sendiri haha). Namanya juga feeling sih jadi saya langsung pesan saja dan alhamdulillah saat saya berminat pada barang tersebut, saya langsung beli, transfer lewat internet banking BNI kemudian konfirmasi pembayaran. Pada hari itu juga tokopedia meneruskan pesanan ke penjual dan penjual tersebut dengan sigap, responsif langsung mengirimkan barang tersebut. Salut dah buat pedagang ini sangat responsif pokonya hehe. Saya sudah dapat resinya saat ini juga. Dan untuk track barang tersebut bisa dilihat di akun sendiri ya. Tinggal menunggu barang sampai.

Kelebihan-kelebihan transaksi di Tokopedia menurut saya yaitu:

-Bisa transfer lewat internet banking BNI, jadi tidak usah keluar rumah untuk pergi ke ATM.
-Barang-barang di tokopedia harga bersaing/banyak yang lumayan terjangkau dari harganya.
-Untuk ongkir(ongkos kirim) kita bisa memilih toko yang terdekat dengan kita, semakin dekat semakin murah ongkirnya.
-Uang yang kita simpan di saldo Tokopedia insyaallah aman.

Kekurangan – kekurangan transaksi di Tokopedia menurut saya:

-Harus memastikan toko tersebut aktif atau tidak (tidak otomatis saat pesan langsung ditindaklanjuti khususnya oleh pedagang) jadi harus berkirim pesan dulu
-Menunggu barang yang tidak jelas entah kapan dikirim (maks. 3 hari baru dibatalkan) bila toko tidak aktif atau responsif


Demikian cerita saya semoga sobat-sobat lebih pintar lagi dalam membeli barang di tokopedia, saya hanya sebagai objek pengalaman gagal oleh kesalahan diri sendiri hehe. Nanti saya akan bahas kembali bila barang sudah sampai ke tangan ya. Selamat beraktifitas kembali.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »