Perjalanan ke Cihampelas Bandung Barat

Cihampelas adalah sebuah kecamatan di Bandung Barat yang terletak di kelilingi oleh waduk Saguling. Cihampelas ini berbatasan dengan Kecamatan Cililin-penghasil wajit. Orang mengenal Cihampelas adalah tempat belanja di Bandung saja. Bila kita mengenal lebih jauh tentang Bandung maka Sobat akan mengenal Cihampelas-kecamatan yang berada dekat dengan waduk Saguling yang
terletak di pedesaan. Berbanding terbalik dengan Cihampelas yang berada di kota Bandung yang lebih ke fashion dan modern.

Kami ingin menceritakan pengalaman kami saat tahun 2015, lumayan agak lama tapi kami tidak lupa begitu saja. Justru saya ingat perjalanan kami karena kami mencatat dan memakai GPS andalan kami. GPS-teman kami saat kami berada di tempat yang belum kami kenal.

Kami menuju Cihampelas ini bertujuan untuk menghadiri undangan teman kami yang tinggal di Desa Bunder Kec. Cihampelas. Di sisi lain kami kesini ingin mengetahui tempat yang belum pernah kami jamah. Hitung-hitung kami berpetualang di tempat baru.

Kami akan menceritakan rute-rute perjalanan kami dari Gantar Indramayu bagian barat. Kami melakukan perjalanan kami dengan berboncengan dengan teman saya. Dengan Bantuan GPS kami sangat tertolong dengannya. GPS sudah tertanam di handphone android kami.

Gantar-Situraja

Dari Gantar biasanya kami akan menuju Bantarhuni atau Haurgeulis, Ternyata warga sekitar sudah terbiasa dengan jalan pintas agar lebih cepat menuju Subang. Kami berkendara dari Gantar sampai jalan menuju Haurgeulis, tapi kami tidak sampai Haurgeulis, kami ambil jalan pintas jalur sebelum ke Haurgeulis. Kami membelokkan motor kami ke kiri, tepatnya ke Situraja disana ada gapura bertuliskan Situraja. dari Situraja kita akan tembus ke jalan Haurgeulis-Bantarwaru. Kemudian setelah sampai jalur Haurgeulis-Bantarwaru tinggal belok kiri menuju Bantarwaru.

Bantarwaru-Wesel

Bantarwaru adalah pertigaan dari jalur utama cijelag-subang. kami dari bantarwaru belok ke kanan tujuan ke Subang, perjalanan di tempuh sekitar 1 jam. saat kita berada di Wesel Subang, ada lampu lalu-lintas kita belok ke kiri menuju pujasera-jalur menuju Bandung.

Pujasera Subang - Lembang Bandung

Saat melewati jalur ini, kami merasakan hawa mulai terasa dingin, Di jalur ini terdapat taman yang biasa orang melakukan foto-foto bertuliskan SUBANG. Bila sudah berfoto di sana berarti sudah pernah ke Subang hehe. kemudian hotel-hotel, penginapan berjejer di samping kiri kami, perkebunan teh milik PTPN di Subang yang terbentang dari Subang sampai Lembang Bandung.

Lembang-Jalur Alternatif Parompong (Jl. Kol. Masturi)

Saat sampai di pasar lembang, disana kendaraan mengantri saat sampai keluar dekat grand Hotel lembang, kami menyebrang jalan membanting setir ke kanan dan masuk ke jalur alternatif pamompong. Di sana jalan naik turun belok kanan kiri dan disana pun banyak tempat wisata seperti dusun bambu, kafe, villa dan sarana pendukung lainnya. Kami sampai menuju kec. Cisarua dan dilanjutkan menuju kota Cimahi.

Cimahi-Baros-Kerkof-Batujajar-Cipatik(BBS)-Cihampelas

Dari Cimahi banyak plang yang memberitahu arah kemana yang kita inginkan. kami menuju jalan Baros dan tembus ke jalan Kerkof. kemudian belok kekanan menuju jalan Batujajar. Disini kami melewati jembatan waduk saguling yang lumayan panjang. sayang saat itu musim kemarau, air waduk disini kering kerontang.

setelah melewati jembatan kami menuju jalan cipatik, kami belok ke arah kanan menuju arah Cililin. Setelah bertemu dengan pertigaan ke kiri menuju Cililin, bila lurus menuju Cihampelas. Kami jalan lurus ke Cihampelas lumayan dari situ perjalanan memakan 30 menit dengan jalan yang berdebu. setelah sampai ujung. Kami bertanya ke warga, kami di arahkan untuk lurus saja menuju desa Bunder. Dan benar saja saat kami melewati jalan itu sekitar 2 km kami sampai ke tempat hajatan. posisi hajatan berada di pinggir jalan. Tidak susah payah mencari ke dalam gang karena tempatnya berada di pinggir jalan Bunder.

Kami sampai dengan menempuh 4 jam perjalanan dengan selamat. Kami sampai di tempat pukul 12.30 wib. setelah selesai kami tidak hendak langsung pulang ke Indramayu lagi tapi kami hendak menginap di rumah Ibu di Bandung. Demikian petualangan kami dari Indramayu menuju Ds. Bunder Cihampelas Bandung Barat. Selamat berpetualang




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »