Lampu Senter Darurat LED VDR V.6302 (Review)

 
Dok. Pribadi: Lampu LED VDR V6302

Salah satu barang yang wajib dibawa oleh seorang pendaki adalah senter. Saya disini akan mereview senter yang secara tidak sengaja saya beli di sekitar pertokoan dekat pasar Ciroyom di jalan Kebon Jati, Bandung, dekat dengan pasar Jatayu yang menjual barang-barang outdoor lho. Saya menyesal tidak membawa senter saat pendakian ke gunung Papandayan, Garut. Maka dari itu saya tidak ragu untuk membeli lampu senter dari sekarang.
  • Fitur Produk
Senter darurat VDR LED Versi 6302 merupakan lampu LED super terang generasi baru. Senter ini menggunakan reflektor khusus sehingga jarak penyinarannya mencapai 150 m. Wow sekali ya, dengan berat 350 gram yang super ringan ini bisa menyinari sejauh lapangan atletik lari 100 m plus 50 m.
  • Cara Pemakaian
Senter ini memakai 2 LED lampu yaitu warna kuning dan putih. Masing-masing berdaya 1 WATT. Dan Lampu lentera di samping memakai 8 LED mini SMD. Saat sakelar di tekan kedepan akan menghasilkan LED berwarna putih dan di tekan ke depan lagi menghasilkan LED berwarna kuning dengan jarak pandang mencapai 150m. Kemudian saat di tekan ke belakang menghasilkan lentera berwarna putih.
  • Pengecasan 
Lampu senter VDR ini menggunakan baterai isi ulang. Sobat tinggal mengeluarkan dan mendorong colokan yang berada diujung bagian senter dan colokkan ke terminal dengan daya AC 220V. Daya ini ya standar di rumah-rumah Sobat hehe. Ketika pengecasan posisi kepala lampu harus berada di bawah atau posisi lampu berada di bawah. Seakan-akan posisi mengecas senter ini menggantung.

Saat pengecasan posisi lampu wajib OFF agar hemat dan tidak ngedrop juga. Pengecasan akan ditandai lampu indikator menyala berwarna merah. Lampu indikator berada di samping lampu lentera. Lama pengecasan sekitar 12 jam. Sekali pengecasan senter ini menyala sampai sekitar 20-45 jam. Pokoknya sangat awet baterai Sob.
  • Perhatian
Jika lampu mulai meredup, tanda baterai harus dicas kembali tepat waktu. Dan tidak boleh mengecas/ isi ulang baterai melebihi 15 jam, jadi cukup 12 jam saja. Alasannya ya klasik, akan membuat baterai mengembung atau akan ngedrop pastinya.

Saat pemakaian selesai jangan disimpan di gudang dalam waktu yang lama ya Sob. Lampu LED ini harus diisi ulang setiap 2 bulan sekali. Bila tidak diisi ulang dalam jangka waktu tersebut, maka akan mempengaruhi umur dari lampu itu sendiri.
  • Harga
Lampu Darurat berbobot 350 gram ini seharga yang tertera sesuai price tag sudah ditempelkan oleh pedagang toko jadi tidak bisa ditawar ya Sob hehe. Lampu Led ini seharga IDR 40.000. sesuai dengan kualitas barang menurut saya. Di online pun tersedia salah satu e commerse seperti Tokopedia. Di bandrol sama yaitu IDR 40.000.

Pemakaian
Sejak bulan April 2017 senter ini sudah mengalami kerusakan.  Kerusakan tersebut yaitu dalam pengecasan.  Setelah pengecasan sampai penuh seharian.  Saat saya pakai beberapa menit kemudian lampu menyala kecil seakan-akan batrei dicas sebentar padahal sudah dicas lama.  Saya nilai senter ini dengan nilai 5,0/10

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »