Acara Protokoler Setingkat Menteri Seperti Apa

Alhamdulillah di bulan November ini masih diberi kesehatan yang paripurna. Nikmat Allah bukan hanya nikmat Rezeki lho tapi ada nikmat Jasmani dan rohani yang kadang dikesampingkan oleh orang-orang.

Banyak yang nyari nikmat rezeki sampai-sampai gak istirahat, malah sampai begadang. Itu sama aja mengumpulkan nikmat rezeki dan mengenyampingkan nikmat jasmani. Kok pendahuluannya malah ngajarin Aqidah Akhlak hehe.

Oke, selama tahun ini, saya sering pergi ke tempat acara yang dihadiri oleh menteri ataupun perwakilan kementerian. Kok bisa ya? Iya bisa, syaratnya ikut komunitas, kebetulan saat ini saya bergelut dalam hobi sepedaan.

Kebetulan juga, pimpinan saya yang mengurus sepedaan kemana-mana lho,  jadi kita mah tinggal asyik aja jalan-jalan. Yang penting fisiknya aja dilatih kalo urusan mau kemana sepedaan mah biar pimpinan kita saja yang ngurus. Asyik kan jadinya hhe.

Seperti apa sih acara setingkat kementrian itu? Pengalaman saya yang telah mengikuti 2 acara setingkat kementrian yaitu saat acara Pesona Gowes Nusantara yang dilaksanakan di kota Indramayu dan dihadiri oleh perwakilan dari bapak menteri Olahraga dan pemuda, pak Nahrawi. Saat itu pak menterinya sedang sibuk jadi diwakilkan, dan yang kedua Syukuran panen di Sukra Indramayu yang dihadiri oleh menteri pertanian dan Gubernur Jawa Barat.

Acara tersebut sangat meriah karena ramai oleh komunitas sepeda kami yang berjumlah ratusan, sedangkan komunitas yang lainnya hanya perorangan atau paling banyak hanya puluhan saja.

Waktu di Pesona gowes di Indramayu, acara dibuka dan permulaan seluruh komunitas sepeda wajib mengelilingi sekali putaran di kota, ada berbagai komunitas sepeda seperti komunitas onthel, sepeda modif, sepeda balap dan sepeda warga yang iseng ikut-ikutan saja hhe. Setelah mengelilingi kota satu putaran, panitia membagikan kupon undian berhadiah sepeda motor sampai terkecil seperti TV, di tempat acara sudah disediakan makanan dan minuman untuk peserta gowes. Pokoknya makan sampai puas. Selesai makan ada hiburan di panggung berupa konser dangdut oleh artis lokal, sebelumnya ada undian-undian doorprize berhadiah motor. Kami mah tidak sampai habis acaranya karena pulangnya takut kemalaman,  taukan saya takut dengan dunia malam #gaya doang.

Acara kedua dilaksanakan di kec. Sukra Indramayu. Kami bersepeda ke Sukra yang letaknya berada di jalan menuju PLTU Indramayu. Acara pertama makan nasi boboko nasi dalam bakul yang berisi nasi putih,  ayam bakakak dan hiasan cabai dan bawang yang ditusuk, lalu makanan di boks putih isi mie dan daging ayam serta sambal. Seluruh warga tidak ada yang tidak kebagian, seluruhnya dapat tanpa terkecuali.

Acara dimulai saat pak menteri datang dan turun dari mobil dinasnya yang diberi nopol RI. Sambutan-sambutan dari pak Gubernur kemudian sambutan berikutnya oleh pak menteri. Setelah itu acara undian berhadiah motor matic, traktor dll. Pak menteri bertolak karena punya acara banyak di tempat lain. Dilanjutkan acara berikutnya yaitu hiburan dangdut yang dibawakan oleh artis dangdut Iis Karlina. Siapa itu kalo saya tidak kenal hhe. Saat itu kami pun bertolak untuk pulang. Kami bukan tidak suka dangdut lho sebetulnya pengen joget sih saat itu, cuma kami punya rencana juga selain takut pulang kemalaman.

Kesimpulannya Acata Protokoler tingkat menteri saya simpulkan seperti berikut:

Pesona Gowes Nusantara 2018 dihadiri menteri pemuda olahraga. 

1. Pembukaan
2. Keliling kota lalu makan gratis
3. Sambutan sambutan
4. Undian berhadiah (ini tujuan utama khalayak)
5. Hiburan panggung
6. Penutup.
Saat di pesona gowea Nusantara di Indramayu

Syukuran Panen Raya dihadiri menteri pertanian dan gubernur Jabar. 

0. Makan gratis nasi bakul dan boks dan baju gratis
1. Pembukaan
2. Sambutan-sambutan
3. Undian berhadiah (ini tujuan utama)
4. Hiburan dangdut.
5. Penutup.

Demikiam pengalaman kami mengikuti acara setingkat menteri. Saya pun baru kenal acara seperti ini setelah ikut komunitas. Kurang lebihnya mohon maaf Sobat. Selamat beraktifitas...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »