6 Serba-Serbi Mobil Elf Jurusan Subang-Bandung

Elf Subang foto dari mobil kami

Berdasarkan pengalaman Admin sebagai pengamen penumpang yang baik. Admin akan berbagi cerita pengalaman kepada Sobat-Sobat yang hendak menggunakan mobil jurusan Bandung-Subang, Oke simak baik-baik ya Sob. Cekidot!


1. Berhimpitan Saat Penumpang Full.

Angkutan jurusan Subang Bandung ini disebut Elf, tersedia tempat duduk untuk penumpang dengan kapasitas 12 kursi , tetapi para sopir selalu memaksakan sampai 16 penumpang dengan ditambah beberapa kursi yang terbuat dari kayu dilapisi busa dan karpet, biasanya kursi kayu dipasang di sebelah kiri, dekat dengan pintu keluar masuk penumpang, maka di antara penumpang merasakan saling berdempetan satu sama lain, beruntung jika para penumpang berbadan ramping ya Sob. Dan lebih beruntung lagi kalo Sobat bersebelahan dengan para penumpang cewek-cewek subang yang cantik.

2. Paling Lama Saat Ngetem di Terminal.

Angkutan ini beroperasi dari pukul 5 pagi sampai pukul 5 sore. Angkutan ini akan ngetem/menunggu penumpang sampai penuh, jadi jam keberangkatan tidak ditentukan oleh waktu tetapi ditentukan apabila kursi sudah terisi semua oleh penumpang. Jika beruntung, Sobat adalah penumpang yang paling terakhir datang saat quota tinggal sisa satu kursi, maka Mobil Elf ini akan langsung berangkat. Nah, bila Sobat sedang tidak beruntung sobat adalah penumpang pertama yang datang paling awal di elf ini. Siap-siap menunggu satu jam atau bahkan menunggu sampai 3 jam untuk menunggu penumpang lainnya, siap-siap lumutan ya Sob.

FYI, bila hendak pergi sore hari naik mobil ini, sekitar pukul 3-5 sore, saya sarankan Sobat untuk memilih naik mobil elf di Pujasera. Pengalaman Admin mau pulang ke bandung. Admin menuju terminal subang pukul 4 sore, disana tidak ada lagi yang narik penumpang, tetapi malah ojek yang siap mengantarkan saya menuju tempat ngetem di Pujasera dengan harga 3/4 ongkos mobil Elf Subang-Bandung, sekitar 15ribu dari Terminal sampai Pujasera. Sayangkan!

3. Ongkos menyesuaikan Sikon (Situasi Kondisi)

Biaya perjalanan Subang-Bandung ini standar, Sobat cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000,00 (Tahun 2015 s/d sekarang) tanpa asuransi ya Sob. Agar selamat sampai tujuan, jangan lupa berdoa sebelumnya, agar diberi keselamatan sampai ke tujuan. Nah, jika saat-saat musim macet seperti tahun baru atau saat hari raya besar. Dan alasan yang terakhir jika kondisi sepi penumpang!! Sampai menunggu 3 jam tak kunjung penuh, Nah Sang sopir biasa meminta uang tambahan sebesar kurang lebih lima ribu rupiah, setelah itu sang sopir pun langsung nyalain bom mobil. Jadi ongkos yang harus dibayarkan Sobat sekitar Rp. 25.000.

4. Mobil Elf jurusan Subang-Bandung Punya 2 Terminal lho.

Nah, tempat ngetem mobil jurusan Bandung ini bukan cuma di Terminal Subang lho. Ada tempat satu lagi yang bernama Pujasera, sepertinya Pujasera ini adalah tempat ngetem tidak resmi, mobil-mobil ngetem di pinggiran jalan, seperti terminal bayangan githu. Menurut analisa, Pujasera ini adalah tempat yang paling mudah karena sudah berada satu jalur arah Bandung. Bagaimana bila destinasi sebaliknya Sobat dari Bandung menuju Subang? Nah, disini pun Sobat tergantung mood sang sopir, kadang Sobat diantarkan sampai Terminal dan seringnya Sih, diantarkan tidak sampai Terminal Subang, Hiks!

5. Kemacetan Mudah Diatasi.

Musim libur telah tiba atau weekend dll, Sobat tidak bisa memprediksi macet atau tidaknya jalanan menuju Bandung. Tempat biasa langganan macet adalah dari pasar Lembang, Grand Hotel Lembang sampai tujuan akhir Terminal Ledeng, Bandung. Biasanya sopir elf ini tidak habis akal, mereka akan meluncur dari Grand Hotel Lembang belok kiri menyeberang menuju jalan Parongpong-jalan alternatif, saat di perjalanan Sobat akan berjalan berkelok-kelok naik turun dan melihat pemandangan alam Bandung yang asri, dan bahkan Sobat masuk ke jalan perumahan orang lain. Hehehe. Tadaa, Tidak terasa elf sudah tiba di Terminal Ledeng, Bandung.

6. Penumpang Enak di Pandang Mata.

Sobat-sobat walau di dalam mobil ini tidak ada fasilitas AC , fan atau pendingin lainnya, Sobat pasti akan merasakan cuci mata kenyamanan. Hehehe. Nah para penumpang mobil Elf Subang ini, berdasarkan pengalaman Admin saat naik Elf Subang ini, penumpang perempuan mendominasi kursi di mobil ini lho. Mereka rata-rata pemuda pemudi atau mahasiswi yang berkuliah di Bandung, tidak kalah cakep dengan mojang priangan lho. Ternyata mojang Subang cantik-cantik juga ya, jadi pengen buru-buru naik Elf Subang lagi.

Nah, Bagaimana Sob, sudah siap liburan ke Bandung dengan menggunakan mobil Elf ini? Hehehe. Nyaman tidak nyamannya mobil Elf ini tergantung penilaian para penumpang, Walau lebih banyak ketidaknyamanan tetapi mau gimana lagi, mobil elf ini satu-satunya angkutan jurusan ke Bandung lho. Tapi ada juga kan hal yang menyenangkan dibalik itu. Hehehe. Sekian hasil riset lapangan Admin semoga bermanfaat untuk Sobat ya, Bila ada yang menambahkan silahkan Sobat tambahkan dengan senang hati. Selamat berangkutan umum, Sob.

Postingan terkait:

39 Tanggapan untuk "6 Serba-Serbi Mobil Elf Jurusan Subang-Bandung"

  1. Yang ke 6 ini yang paling asyik nih, hee..

    BalasHapus
  2. Mas edi nanti saya ajak naik ya hha

    BalasHapus
  3. mendingan kereta brooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngecer Naik Elf lebih murah mas, setingkat kereta kelas ekonomi hehe

      Hapus
    2. Tes SIM C baru ja broo

      Hapus
  4. Haha ane search opsi lain d google ternyata emang cuma elf dri subang ke bandung adapun bis indramayu bandung tapi gak tau kudu nunggu d mana dan blm pasti juga, ya udah ahirnya ane naik elf aja dah besok ke bandung. Agak semngaat gara gara baca yg nomer 6 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha siip. Iya ada bis jurusan bandung indramayu,jadwalnya ane blm tw jg. Trims udh berkunjung ke blog ane

      Hapus
  5. Kalo kereta dari subang ke bandung ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo stasiun kereta di kota Subang tidak ada sis harus naik kendaraan lagi ke stasiun pegaden (dari kota Subang ke utara)

      Hapus
  6. Ada yg pernh naik kereta dari stasiun pagaden ke bdg? Soalnya saya cari jdwl di google ga nemu rute subang - bdg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya dari st. haurgeulis ke Bandung gan, itu naik ciremai ekspress. Keretanya cuma lewat aja gak berhenti di st pegaden.

      Hapus
  7. Kalo dari smp negeri 1 cibogo mau ke dahana naik apa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa naik angkot jurusan Haurgeulis-Subang atau naik bis 3/4 sprti WIDIA, BINTANG SANEPA

      Hapus
  8. Minta kontaknya supirnya dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ane gak nyimpen no. Kontak sang supir. Ane mah klo mau ke Bandung langsung aja ke terminal Subang. Tiap naik elf supirnya nggak pernah sama gan.

      Hapus
  9. perjalanan naik elf subang-bandung atau sebaliknya berapa jam ya, trus klu dr subang jam 5 pagi sp ledeng jam brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pertanyaan berhitung nih hhe
      Klo lancar dari Subang ke Bandung, paling agak2 lambat pas di pasar lembang sampai ke ledeng karena hilir mudik kendaraan pribadi. Pengalaman saya sih +-2 jam. Klo ada agan yang baru-baru ini naik elf mohon share di bawah yak. Trims

      Hapus
    2. Kl berangkatnya Dr terminal -+ 1,5 smp 2 jam (tp tergantung supirnya jg ya) krn ngetem nya udah abis di terminal, tp kl berangkatnya nggak dr terminal bisa smp 3 jam krn supirnya cari penumpang di Jalan jadinya selow ...

      Hapus
  10. Untuk rutenya ini nglewatin desa/kecamatan mana aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu elf itu melewati Jalan utama atau jalan raya Subang Bandung. Kalau melewati Desa/kecamatan saya kurang tahu mas

      Hapus
  11. mentoknya sampe kmn disubang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pengalaman siang naik elf nyampe Subang sore hari, yang pertama pernah sampai terminal Dan yang terakhir cuma diturunin sampai kota entah APA nama jalannya lupa, pokoknya abis ITU saya harus naik Angkot sekali untuk ke wesel, maklum saya jurusannya wesel

      Hapus
    2. Eh iya, elf di Subang Terakhir berhenti emg di terminal, tp kl Dr jam 3 sore ke atas berhentinya pindah ke pertokoan pujasera, depan yogi optical deket2 bank BJB krn disana banyak transportasi lanjutan.

      Bs pake angkot, becak atau ojek. Yg online jg ada ��

      Hapus
    3. Trims info tambahannya 😀

      Hapus
  12. Dari subang ke Bandung Dan sebaliknya bs pk bis jurusan Indramayu Bandung (Leuwi Panjang), di subang biasanya nungguin di sebrang GO (Ganesha Operation) ongkosnya kurleb 30rb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih murah naik elf dari Bis ya dari Bandung ke Subang.
      Tapi itu dia elf kan harus mpe dempet2an dengan penumpang lain.

      Hapus
  13. Min, kalo naek elf dari ledeng ke subang.. kalo mau ke Hotel Sarimas Palasari Kab. Subang kelewat g rute nya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elf Ledeng Subang ngelewati hotel Sarimas kok gan. Hotel yg berada di Ciater setelahnya klo dari Ledeng

      Hapus
  14. Itu elf lewat cisalak subang ga kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak lewat kang. Cisalak kan ada di jalur Cagak(Subang) -Sumedang

      Hapus
    2. Berarti klo dari bdg mau ke cisalak , naik elf turun di tugu nanas ya ? Dari situ pake kendaraan umum apa lg ya ?

      Hapus
  15. Betul gan berhenti di tugu nanas. Dari sana ada Bis Widia ke arah Sumedang - wado atau lebih bagusnya tanya yg dsna biasanya ada elf yang ngetem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kisaran tarif ny brp ya kang bis widya itu? Biar ga d getok harga ny hhe

      Hapus
    2. Maaf bukan Widia tapi Bus Budiman 3/4 yang lewat sana itu. Jarak Tugu Nanas ke Cisalak - +10km. Saya tidak bisa memprediksikan. Pengalaman saya aja dari Bantarhuni-Cijelag 33km naik bis 3/4 WIDIA ongkos kena 10ribu

      Hapus
  16. Kang klo dari subang mau ke bandung naik elf ongkosnya berp ya.
    Nuhun

    BalasHapus
  17. Kalaw sekarang bandung subang masih di buka gx ka angkuttan bls dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada peraturan larangan mudik ya antar kota mulai 7 Mei.

      Hapus