Pengalaman Pahit dan Manis Naik Kereta Ciremai Ekspress

Kereta Ciremai
(farm6.staticflickr)

Intro dulu ya! ^_^

Pada tanggal 28 September 2013 lalu, PT. KAI membuka jalur baru, yaitu rute Cirebon-Bandung. Bertepatan dengan ulang tahun PT. KAI jadi mudah diingat ya, nama kereta rute Cirebon-Bandung ini adalah Ciremai Ekspres, diambil nama dari salah satu gunung yang ada di Jawa Barat, yang letaknya dimiliki oleh Kab. Cirebon, Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka.

Kereta ini hanya mempunyai dua kelas, Kelas Eksekutif dan Kelas Bisnis. Tidak ada kelas Ekonomi, Konon bila Eksekutif dan Bisnis saja selalu penuh apalagi Ekonomi yang pasti harganya yang sangat ekonomis

PT KAI hanya menyediakan kelas Bisnis dan kelas Eksekutif. Untuk harga tiket kelas Eksekutif tahun ini sekitar IDR 155.000 s/d IDR. 120.000. Dan kelas Bisnis sekitar IDR 110.000 s/d 80.0000.

Harga tersebut berlaku dari Cirebon sampai Bandung dan rute sebaliknya. Bila Sobat Naik kereta kelas Eksekutif atau Bisnis dari Bandung ke Cikampek maka harga tiket lebih murah dari harga tiket ke Cirebon, Jadi jarak tempuh pun mempengaruhi harga tiket.

Tabel harga Eksekutif/Bisnis Bandung-Purwakarta-Cikampek-Haurgeulis-Jatibarang-Cirebon.

TUJUAN/ KELAS

110000

*Harga tiket berlaku dari 1 April 2015

Jadwal Keberangkatan

Sobat yang hendak ingin naik kereta api Ciremai Ekspres, wajib mengetahui jadwal kereta ini. Dalam sehari kereta ini berangkat pada pagi hari dan sore hari. Jadi jangan sampai lupa jadwal ya Sob, apalagi sudah pesan tiket jauh-jauh, bisa ketinggalan kereta nanti hehe. Nih, Saya sedang baik mau membagikan info jadwal kereta api Ciremai Ekspress. Hehe

Keberangkatan Pagi hari:

-Cirebon pukul 05.00 wib, Jatibarang pukul 05.33 wib, Haurgeulis pukul 06.09 wib, Cikampek pukul 06.54 wib, Purwakarta pukul 07.29 wib, Cimahi pukul 08.55 wib dan tujuan akhir St. Bandung pukul 09.08 wib.

-Bandung pukul 09.55 wib, Cimahi pukul 10.06 wib, Purwakarta pukul 11.30 wib, Cikampek pukul 11.50 wib, haurgeulis pukul 12.52 wib, Jatibarang pukul 13.27 wib, Cirebon pukul 14.05 wib.

Keberangkatan Sore Hari

-Cirebon pukul 15.00 wib, Jatibarang pukul 15.33 wib, Haurgeulis pukul 16.08 wib, Cikampek pukul 16.52 wib, Purwakarta pukul 17.29 wib, Cimahi pukul 18.55 wib dan St. Bandung pukul 19.08 wib.

-Bandung pukul 19.45 wib, Cimahi pukul 19.56 wib, Purwakarta pukul 21.21 wib, Cikampek pukul 21.40 wib, haurgeulis pukul 22.41 wib, Jatibarang pukul 23.16 wib, Cirebon pukul 23.50 wib.

* Jadwal Kereta Api Ciremai 1 April 2015 (Sumber PT. KAI)

Waktu yang di tempuh dari Bandung sampai Cirebon dan sebaliknya adalah 4 jam. Maka persiapkan makanan dan minuman ya Sob supaya saat di kereta tidak kelaparan. Tetapi tenang Sobat bisa pesan makanan juga di kereta, nanti ada pramugara/pramugara yang kereta kece-kece akan menawarkan makanan dan minuman, yang pernah saya coba adalah nasi putih, nasi rames seharga IDR 30rb ada juga nasi goreng dan juga P**MIE IDR 7ribu.

Harga di kereta pasti lebih mahal ya di banding Sobat beli di luar, itu hanya opsional saja tinggal Sobat yang menetukan. Dan tidak lupa mereka menawarkan bantal, Bagi saya Bantal tidak penting karena saya punya niat tulus tuk naik kereta ini bukan ingin tidur hehe.

Saya ingin melihat pemandangan alam Jawa Barat yang indah, gunung-gunung, persawahan, hutan-hutan yang enak di pandang mata. Saya sangat menikmati pemandangan di kereta ini, sangat mendebarkan saat-saat melintasi jurang-jurang yang berada saat dari Bandung menuju arah purwakarta, berapa banyak jurang-jurang yang saya lewati pastinya lebih dari satu.

Daerah ini pemandangannya sungguh-sungguh indah tak bisa di gambarkan (lebay hehe). Saat kereta meliuk-liuk mengikuti arah rel yang berjalan mengikuti lekukan bukit pun saya melihat kepala lokomotif kereta ini, saking banyak tikungan Sobat bisa melihat bagian kepala kereta sendiri, berbeda saat di daerah Cirebon ke Cikampek jalannya lurus-lurus saja dan mustahil kita bisa melihat kepala kereta yang kita tumpangi.

Saat-saat yang paling membosankan saat tiba di cikampek, disini para penumpang akan menunggu sekitar setengah jam, disini kereta berganti arah rel dan kepala kereta akan berpindah ke belakang yang nantinya belakang itu akan menjadi posisi di depan, dan para penumpang pun akan memutar kursi masing-masing agar posisi duduknya nanti tidak membelakangi kereta jalan. Kejadian sangat menjengkelkan adalah saat saya mendapatkan tiket Bisnis terakhir tujuan dari Haurgeulis menuju Bandung.

Pertama-tama saya bersyukur mendapat tempat yang tersisa satu ini, dan saat saya berada di kereta, ternyata posisi tempat duduknya tidak bisa diputar, Sial!. Saya akhirnya menyerah dengan keadaan dan saya seorang diri yang berlawanan arah dengan penumpang lain soalnya satu kursi di samping saya kosong, misal di samping kursi saya ada orangnya, mungkin saya punya teman senasib, saya menjadi tontonan gratis penumpang gerbong bisnis ini (malu).

Salah tingkah dan pura-pura main gadget pun sudah saya lakukan, dan tontonan gratis ini berakhir saat sampai di stasiun Cikampek. Saat penumpang memutar kursinya sehingga posisi saya menjadi di belakang gerbong akhirnya saya aman dari tontonan gratis para penumpang lain.

Demikian pengalaman nahas dan manis saya menjadi penumpang kereta api ini, tapi saya tidak kapok sama sekali, karena itu bukan akhir dari saya naik kereta api, tapi awal mula saya akan naik kereta hehe. Semoga pengalaman saya menjadi pelajaran bagi Sobat-sobat. Terimakasih

Ouh iya jadwal di atas hanya berlaku untuk hari Jum'at dan Minggu saja setiap pekannya.

Info update

Info terbaru Oktober 2016. Kereta Ciremai Ekspres mengalami penambahan rute yaitu Bandung - Cirebon - Semarang.

Naik kereta api Ciremai Ekspres ke Semarang

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Pahit dan Manis Naik Kereta Ciremai Ekspress"